Motor Skuter Pertama di Dunia, Mesinnya setara Yamaha Nmax

Tahukah Otolovers skutik pertama di dunia? Ternyata, bentuknya berbeda jauh dengan yang sekarang, bahkan, pengendaranya tidak duduk, melainkan berdiri.

Senin, 02 Juli 2018 10:45
Foto: Oldbike.eu
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Di pasar motor tanah air saat ini, skutik (skuter matik) menjadi produk yang mendominasi. Tengok saja daftar 10 motor terlaris di Indonesia selama beberapa bulan belakangan, 8 di antaranya ialah skutik.

Namun, tahukah Otolovers skutik pertama di dunia? Ternyata, bentuknya berbeda jauh dengan yang sekarang, bahkan, pengendaranya tidak duduk, melainkan berdiri.

Motor tersebut ialah Autoped Eveready yang pertama kali beredar 1 abad yang lalu, tahun 1915 silam. Mulanya, Autoped digunakan oleh masyarakat di New York, Amerika Serikat, sebelum akhirnya menyebar ke Brooklyn, Queens, dan Manhattan.

Pembuatan Autoped kala itu terinspirasi dari kebutuhan para penyedia jasa, salah satunya U.S Post. Bahkan, karena ukurannya yang kecil, beberapa anggota geng kriminal New York menggunakannya untuk kabur dari kejaran polisi dengan melalui gang-gang sempit.

Dilansir dari Oldbike.eu, Autoped dibuat oleh Arthur Gibson dan Joseph Merkel. Sebenarnya, Autoped ialah skuter anak-anak yang memiliki mesin setara Yamaha Nmax, 155cc berpendingin udara. Motor tersebut diklaim mampu melaju dengan kecepatan maksimal 48 km/jam.

Selain posisi berkendaranya yang berdiri, keunikan Autoped terdapat pada cara mengerem. Alih-alih menggunakan tuas rem, pengendara hanya perlu menarik stang ke belakang untuk menahan laju skuter pertama di dunia ini.

Komponen menarik Autoped lainnya ialah ban. Bannya dibuat khusus oleh pabrikan asal Inggris, Empire Rubber & Tire Company. Komponen ini memiliki warna merah dan di dindingnya terdapat tulisan 'Autoped Tire'.

Lalu, pada 1918, perusahaan baterai Eveready membeli perusahaan Arthur dan Merkel. Alhasil, produk pabrikan tersebut juga disematkan pada Autoped, yaitu baterai dan koil. Dengan reputasinya yang terus berkembang, produksi Autoped pun membesar hingga akhirnya dibuat di bawah pengawasan Krupp di Jerman, dan CAS di Rep. Ceko.

Autoped pun merambah ke daratan Inggris pada 1917. Menurut sumber yang sama, pengguna pertamanya ialah salah seorang aktris terkenal kala itu, Miss Shirley Kelogg. Peluncurannya kemudian diikuti dengan pembuatan SIM motor oleh kepolisian setempat.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami