Motor Niaga Minimalis Ini Buat Pebisnis Kecil Wanita

Tumbuhnya sektor usaha kecil dan menengah (UKM) memberikan dampak positif bagi permintaan kendaraan niaga roda tiga. Namun tidak semua motor niaga mampu dijangkau kalangan usahawan bawah, terutama dalam segi harga. Menyikapi hal demikian, PT Triangle Motorindo memperkenalkan Viar Karya BIT 100 cc di Jakarta Fair Kemayoran Jakarta kemarin (24/6).

Rabu, 25 Juni 2014 17:45
Viar Motor Niaga (Foto: Nazar)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Tumbuhnya sektor usaha kecil dan menengah (UKM) memberikan dampak positif bagi permintaan kendaraan niaga roda tiga. Namun tidak semua motor niaga mampu dijangkau kalangan usahawan bawah, terutama dalam segi harga. Menyikapi hal demikian, PT Triangle Motorindo memperkenalkan Viar Karya BIT 100 cc di Jakarta Fair Kemayoran Jakarta kemarin (24/6).

Berbeda dengan motor niaga Viar lainnya, BIT 100 memiliki dimensi boks atau bak lebih kecil karena membidik segmen motor niaga low end. Desainnya pun dibuat lebih feminim dengan mengadopsi bentuk motor matic Jepang.

"Banyak roda dua dipakai buat dagang, ini bahaya karena motor roda dua buat angkut manusia bukan barang. Makanya kami ciptakan roda tiga dengan kelas lebih kecil. Kalau yang besar kan Rp 18-20 jutaan dengan DP Rp 5 juta. DP segitu cukup besar buat mereka. Kita buat dengan cc yang lebih kecil dengan harga Rp 16 juta, yang kurang lebih harganya sama seperti motor matic biasa," terang Akhmad Z. Dalie, Deputy Director PT Triangle Motorindo.

"Ini bentuknya lebih simple, ibu-ibu bisa naik turunnya dengan mudah. Kapasitas angkutnya hanya 300-500 kg, sehingga boks atau baknya lebih kecil. Ukuran panjangnya 145 cm x lebar 100 cm. Walaupun cc-nya 100, tapi torsinya cukup besar dan sudah dilengkapi water cooler. Untuk memudahkan pengunaan motor ini juga punya transmisi mundur. Adanya disamping bak," tambahnya.

Menurut Dalie, Viar niaga BIT 100 lebih ditujukan kepada usaha kecil yang dijalankan kaum Hawa atau memenuhi kebutuhan pasar di level low end dan di kalangan pebisnis wanita yang butuh kendaraan transportasi yang sesuai dengan bentuk dan kondisi produk kaum perempuan.

Motor niaga ini lebih lincah bermanuver karena bodinya kecil termasuk bagasinya, pendek dan lebih ringan. Lebih stylis dari motor niaga biasa, trendy, dan terdapat bagasi depan yang lebih panjang serta pilihan-pilihan warna yang lebih menarik.

"Modelnya juga lebih modis, yang pas dan biasanya disukai kaum perempuan. Konsumsi bahan bakarta sekitar 45-50 km/liter," terang Dalie.

(kpl/nzr/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami