Motor Matic Pertama Indonesia, Nouvo Atau Corsa?

Jelas banyak orang yang masih bingung dengan hal diatas. Namun pastilah banyak orang yang tahu bahwa Yamaha Nouvo sebagai generasi awal lahirnya motor matic di Indonesia. Lantas bagaimana dengan Vespa.

Senin, 19 November 2012 16:21
Editor : Albert

Otosia.com - Jelas banyak orang yang masih bingung dengan hal diatas. Namun pastilah banyak orang yang tahu bahwa Yamaha Nouvo sebagai generasi awal lahirnya motor matic di Indonesia. Lantas bagaimana dengan Vespa.

Vespa seperti yang kita ketahui merupakan salah satu motor legendaris yang ada di dunia. Sebagai salah satu kendaraan tempur, motor dengan transmisi manual ini terlahir di negeri Pizza yaitu Italia. Bodinya yang hampir 90 persen terbuat dari plat dan logam ini memang cocok digunakan sebagai kendaraan tempur kala itu.

Banyak yang mengira bahwa Vespa adalah jenis motor matic atau motor dengan transmisi otomatis. Namun seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa sebenarnya motor antik ini motor manual. Memang diakui bahwa adanya bentuk motor matic belakangan tahun ini terinspirasi dari bentuk Vespa yang ada.

Hal itu tidak lantas membuat Vespa berhenti dengan inovasi teknologinya. Terbukti pada tahun 1984 di Itali terlahir sebuah varian Vespa dengan nama Vespa Corsa 125 yang telah menggunakan transmisi matic. Corsa ini masih menggunakan basis teknologi 2 langkah atau 2 Tak, beda dengan Nouvo yang sudah 4 Tak. Hal tersebutlah yang mungkin kebanyakan tidak kita ketahui.

Yamaha Nouvo, masih kita ingat dengan launchingnya yang menggunakan aktor lapangan hijau yaitu Michael Owen beberapa tahun silam. Nouvo merupakan motor matic yang mungkin bisa dibilang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada abad 20 tepatnya tahun 2002 setelah terdahului oleh Vespa Corsa 125 pada abad 19.

Vespa Corsa 125 sendiri masuk ke Indonesia pada tahun 1991 hingga 2006 melalui perantara ATPM PT. Dan Motor Vespa Indonesia. Corsa merupakan varian termewah pada saat itu dimana varian vespa yang ada masih menggunakan teknologi manual.

Namun sayang keberadaan keduanya harus terhentikan proses produksinya di Indonesia karena kalah saing dengan produk motor-motor matic Jepang lainnya, tentunya yang lebih canggih daripada sebelumnya.

(kpl/abe)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami