Motor Masih 1-0 Lawan Angkot untuk Urusan Bisnis Online

Meski jumlah sepeda motor yang terdaftar hingga saat ini hampir atau lebih dari 100 juta unit, ada fungsi dari kendaraan roda dua tersebut yang membuatnya belum tergantikan.

Kamis, 06 April 2017 09:15
Grab dan Gojek (foto: Nazar Ray)
Editor : Fajar Ardiansyah
Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Sepeda motor sebagai alat transportasi terus tumbuh dengan jumlah signifikan dibanding kendaraan roda empat. Dalam pandangan Asosiasi Industri Sepedamotor Indoensia, kondisi itu menunjukkan kebutuhan masyarakat akan sepeda motor.

Meski jumlah sepeda motor yang terdaftar hingga saat ini hampir atau lebih dari 100 juta unit, ada fungsi dari kendaraan roda dua tersebut yang membuatnya belum tergantikan.

Hari Budianto, Wakil Ketua III, Bidang Industri & Teknologi Asosiasi Industri Sepedamotor Indoensia (AISI), memberikan gambaran bahwa sepeda motor bisa multi-tujuan, beda dengan angkutan kota (angkot) yang hanya punya satu titik tujuan.

Terlebih lagi dalam kaitannya dengan bisnis layanan antar jual-beli online yang kini booming.

"Online service itu kan luar biasa ya. Kalau bisa dikatakan, sudah bergerak. Itu apakah untuk transportasi cepat sudah bisa diselesaikan dengan angkutan umum? Belum bisa," ujar Hari Budianto.

Dalam urusan logistik sendiri, unit truk, bus, dan sepeda motor saling bekerja sama. Namun, pengiriman ke konsumen tetap memanfaatkan jasa roda dua tersebut.

"Saya antar paket, kirim ke cabang-cabang logistik yang ada, dari situ pindah antar-kota, lalu pindah lagi ke kostumer end user."

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/why/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami