Motor Listrik Roda 3 Buat Usaha, Sekali Isi Bisa di Bawah Rp10.000

Motor roda tiga listrik PowerAce untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) diklaim sanggup menjelajah sejauh 100 km dalam kondisi baterai penuh.

Selasa, 03 Agustus 2021 12:15
Motor Listrik Roda 3 Buat Usaha, Sekali Isi Bisa di Bawah Rp10.000 Ilustrasi kendaraan roda tiga PowerAce (poweracemotor.com)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Kebutuhan jual-beli untuk UMKM belakangan ini banyak difasilitasi. Di antaranya adalah ketersediaan alat angkut untuk mobilisasi, termasuk sepeda motor roda tiga. Bahkan kini mulai disediakan motor roda tiga listrik.

Motor roda tiga listrik ini adalah PowerAce yang memang didesain untuk kebutuhan UMKM. Bagian belakangnya misalnya dijadikan gerai berjalan.

1 dari 4 Halaman

Dengan fungsi tersebut, maka pengguna bisa meminimalkan biaya-biaya seperti penyewaan toko atau sejenisnya.

Jika bicara faktor biaya, sehemat apakah operasional dari sepeda motor listrik roda tiga ini? Menurut Agus Dhammamitta, Manager Manufacturing & Eng 3W PT Dharma Polimetal selaku produsen PowerAce, pihaknya memperhitungkan penggunaan motor sejauh 100 km.

"Motor listrik roda tiga ini untuk daya jangkau sekali isi baterai bisa mencapai 100 km," kata Agus.

2 dari 4 Halaman

Pihaknya memperhitungkan bahwa sepeda motor listrik roda tiga ini bisa melaju sejauh 100 km, dan pertimbangan itu dianggap cocok dengan kebutuhan pedagang UMKM.

"Jarak 100 km mungkin untuk pedagang UMKM bisa satu hari menurut perhitungan kami sudah cukup, diimbangi dengan besarnya baterai untuk penggunaan," kata dia.

3 dari 4 Halaman

Agus mengatakan bahwa setidaknya untuk menempuh jarak sejauh itu, sepeda motor listrik roda tiga ini akan membutuhkan 10 ampere hours (aH).

"Setiap 10 km, dia butuh 10 aH dengan 48 volt. Jadi, untuk jarak 100 km, dia butuh 100 aH," urainya.

4 dari 4 Halaman

Jika dikonversikan lagi, biaya isi listrik sendiri beracuan pada kWh. Adapun biaya 1 kWh lebih kurang Rp 1.500.

Lantas jika motor lisrik tiga roda ini butuh 10 aH dengan 48 volt, maka konversi ke kWh adalah 4,8 kWh. Artinya Rp 1.500 dikalikan kebutuhan 4,8 kWh. Jumlahnya biaya isi daya untuk sekali kebutuhan jarak 100 km tidak sampai Rp 10.000.

PowerAce diluncurkan pertama kali pada Maret 2021 lalu. PowerAce memiliki beberapa tipe, seperti PowerAce PRO, PowerAce PRO RF, PowerAce MAX, PowerAce MAX RAM, PowerAce BX, dan PowerAce MP. PowerAce yang 100% berpenggerak motor listrik berbasis sumber daya listrik dari baterai.

(kpl/nzr)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami