Motor Listrik Nasional Punya Peluang Kecil di Indonesia?

President Director PT Karya Semesta Investama selaku diler utama Suzuki dan Kawasaki di Jabodetabek pesimis motor nasional itu dapat bertahan.

Kamis, 03 September 2015 21:30
Sepeda Motor Listrik Nasional (Foto: Nazar)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Semenjak mundur dari mobil nasional, Garansindo Inter Global (GIG) mengklaim sedang mengembangkan motor listrik dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Keseriusan pemegang merek mobil Amerika tersebut ditampilkan dengan memajang prototipe perdana sukter listrik Garasindo-ITS di gelaran Indonesia International Motor Show 2015 kemarin.

Menanggapi hal tersebut, Hosea Sanjaya, President Director PT Karya Semesta Investama selaku diler utama Suzuki dan Kawasaki di Jabodetabek pesimis motor nasional itu dapat bertahan. Pasalnya, pasar motor yang ada saat ini sudah cukup sesak dengan banyaknya kepentingan industri, bahkan Hosea berpendapat bahwa proyek tersebut hanyalah berita bisnis belaka.

"Itu berita bisnis saja, kalau kasus bisnisnya tidak ada. karena begini, kalau volume (penjualan) tidak ada, tidak akan bisa memproduksi motor. Apalagi ini motor listrik yang volumenya tidak ada," jelas Hosea yang ditemui di Jakarta Selatan belum lama ini.

Kecilnya volume tersebut menurut Hosea disebabkan karena kurang menariknya motor listrik. Dimana budaya motor konvensional sudah menjadi bagian hidup dari para pengendara roda dua di Indonesia.

"Kalau sudah pakai motor konvensional disuruh pakai motor listrik apakah mau? Perkembangan budaya motornya sudah berbeda, banyak yang mengganti aksesori seperti knalpot, karena mereka nyaman dengan itu. Perlu diketahui sound and speed itu yang dicari orang lho. Coba kalau motor listrik, mana ada suaranya," jelasnya.

Disamping itu, Hosea menambahkan populasi motor yang ada saat ini tak didukung dengan infrastruktur yang memadai. Hal ini turut menghambat kemauan dari motor listrik nasional tersebut.

"Motor sudah banyak sekali. Tempat parkir sudah tidak memadai. Lihat saja kalau ke bandara, motor sekarang banyak sekali parkir," jelasnya.

News Sepeda Motor Listrik Lainnya

(kpl/fid/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami