Motor di Indonesia 75 Juta Unit, Ini yang Baru di Pabrik Federal Oil Cilegon

Dipabrik baru, Federal Oil memiliki sejumlah pembaruan, termasuk dalam kecepatan pengemasan.

Jum'at, 25 Agustus 2017 13:15
Foto: Nazar Ray
Editor : Ahmad Khoirudin
Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Produsen pelumas Federal Oil mengatakan bahwa populasi sepeda motor di Indonesia untuk saat ini sudah sekitar 75 juta unit.

Dari jumlah itu, mereka tidak bisa memberikan angka secara pasti berapa besar jumlah yang ditangani dengan produk pelumas mereka, meski perkiraan bahwa sepersepuluhnya adalah pembeli mereka.

"Pangsa pasar, enggak ada yang pernah ukur secara pasti. Namun jika dengan pendekatan, Federal Oil sudah 10 persen dengan melihat populasi 75 juta motor beroperasi. Ini untuk yang teregistrasi (STNK)," kata Patrick Adhiatmadja, Direktur Utama PT Federal Karyatama.

Menyikapi itu, mereka pun kini pindah pabrik ke Cilegon dari Pulogadung, dengan kapasitas lebih besar dari sebelumnya sekitar 50 juta liter per tahun menjadi 100 juta liter per tahun. Pabrik ini juga memiliki sejumlah pembaruan, termasuk dalam kecepatan pengemasan.

"Kami meningkatkan kecepatan dengan model berputar, kalau dulu di Pulogadong inline, jadi botol berjejer. Kalau dulu misalnya semenit 10 botol, yang di Cilegon ini meningkat jumlahnya," ujarnya.

Di samping itu, pembaruan dari mereka juga berlaku untuk teknologi pengemasan yang memanfaatkan barcode elektronik demi kepresisian pemasaran.

"Deteksi distribusi botol juga, termasuk e-barcode. Ada QR Code untuk mengidentifikasi. Kita bisa melacak botol ini harusnya di kota A, tetapi malah ada di kota B, kita bisa cari tahu kenapa kok bisa tersasar," ujarnya.

Ulasan Berita Menarik Lainnya

(kpl/why/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami