Motor Ber-cc Besar dari Tangan-Tangan Indonesia

Prospek sepeda motor berkapasitas 250 cc sudah menjadi satu bahan yang siap untuk dikembangkan. Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) sendiri mengaku sudah mengarahkan kepada pemerintah, dalam hal ini sejumlah kementerian terkait, untuk melihat perkembangannya.

Selasa, 08 Juli 2014 14:30
Motor berkapasitas mesin yang besar dari Indonesia (Ilustrasi: Nazar Ray)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Prospek sepeda motor berkapasitas 250 cc sudah menjadi satu bahan yang siap untuk dikembangkan. Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) sendiri mengaku sudah mengarahkan kepada pemerintah, dalam hal ini sejumlah kementerian terkait, untuk melihat perkembangannya.

Ketua Umum AISI Gunadi Sindhuwinata mengatakan, ia sudah membicarakan hal tersebut bersama Menteri Perindustrian dan Menteri Perdagangan.

"Saya sudah sampaikan ke Menteri Perindustrian maupun Menteri Perdagangan, coba kita lihat yang 250 cc," kata Gunadi Sindhuwinata.

Perkembangan lebih jauh untuk produksi motor ini pun bisa mengandalkan para pekerja Indonesia yang notabene berupah lebih murah dibanding negara produsen motor sejenis.

"Untuk porsi kelas itu, Indonesia bisa sangat-sangat berdaya saing. Kita lihat bahwa motor besar itu porsi assembly-nya sangat besar. Karena itu sangat besar, membutuhkan karyawan. Kalau kita bandingkan upah (pekerja Indonesia) dibandingkan Jepang atau negara Eropa dan lainnya itu kan sangat jauh. Ini kesempatan kita," yakinnya.

Sepeda motor 250 cc kini mulai diproduksi di dalam negeri. Dua merek sudah membuka pasar ini, yaitu Yamaha dengan R25, dan Kawasaki dengan Ninja RR Mono.

BERITA UNIK DAN MENARIK LAINNYA

(kpl/nzr/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami