MotoGP Indonesia Jadi Cadangan, Ini Cara untuk Bisa Masuk Kalender Musim 2021

Ada empat balapan yang jika satu di antaranya dibatalkan, maka Sirkuit Mandalika bisa ditunjuk Dorna sebagai pengganti untuk MotoGP 2021

Rabu, 30 Desember 2020 11:15
MotoGP Indonesia Jadi Cadangan, Ini Cara untuk Bisa Masuk Kalender Musim 2021 Sirkuit Mandalika yang diperkirakan akan rampung pada awal 2021 ini, nantinya akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia.

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - MotoGP Indonesia menjadi cadangan bersama MotoGP Portugal dan Rusia. Situs Speedweek pun secara khusus membahas kemungkinan gelaran balapan di Sirkuit Mandalika, Lombok untuk musim 2021.

Menurut Speedweek, ada empat balapan yang jika satu di antaranya dibatalkan, maka Sirkuit Mandalika bisa ditunjuk Dorna sebagai pengganti untuk MotoGP 2021.

Keempatnya adalah Sirkuit Buriram (Thailand), Sirkuit Motegi (Jepang), Sirkuit Sepang (Malaysia), dan Sirkuit Phillip Island (Australia).

1 dari 2 Halaman

Bahkan menurut sumber Speedweek dari Dorna, MotoGP Indonesia kemungkinan besar berlangsung sebelum balapan di Sirkuit Sepang. Pertimbangan jarak tentunya paling utama.

Karena akomodasi semua peserta dari Indonesia ke Malaysia nantinya begitu murah karena jaraknya yang sangat dekat. Adapun MotoGP Malaysia sendiri dijadwalkan berlangsung pada 31 Oktober.

Jika MotoGP Indonesia digelar satu pekan sebelumnya, maka bakal mengisi slot MotoGP Australia. Ya seperti yang dikatakan tadi, situasi MotoGP Indonesia sangat bergantung dengan kesiapan balapan lainnya.

Apalagi pandemi virus corona memang belum menunjukkan gelaja berhenti. Artinya bisa saja satu di antara empat balapan di atas dibatalkan dan MotoGP Indonesia masuk.

2 dari 2 Halaman

Kuncinya Menyelesaikan Sirkuit Mandalika

Gambar sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Hanya saja sebelum berbicara terlalu jauh, kini para pemangku kepentingan harus terlebih dahulu merampungkan Sirkuit Mandalika yang diplot sebagai tempat balapan MotoGP Indonesia.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta telah memberikan deadline kepada MGPA sebagai penyelenggara MotoGP Indonesia untuk menginformasikan apakah Sirkuit Mandalika siap atau tidak pada bulan Juni 2021.

Menyusul hal itu, MGPA sendiri telah menargetkan bahwa pengerjaan Sirkuit Mandalika selesai pada bulan Juni 2021 dan melalui proses homologasi Juli 2021. Jika target waktu tersebut tercapai, maka Indonesia siap untuk masuk kalender MotoGP 2021 jika ada seri balapan yang dibatalkan.

Penulis: Hendry Wibowo

Sumber: Bola.com

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami