MotoGP 2020 Kemungkinan Mulai Lagi Juli Mendatang

Carmelo Ezpeleta, bos Dorna, mengungkap bahwa ada kemungkinan MotoGP 2020 tetap digelar di sirkuit.

Selasa, 28 April 2020 07:15
MotoGP 2020 Kemungkinan Mulai Lagi Juli Mendatang Marc Marquez di MotoGP Sepang 2019 (Otosia.com/ Cornelius Candra)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Pandemi COVID-19 telah mengacaukan MotoGP 2020. Sirkuit Losail, Qatar, sebagai pembuka musim hanya menggelar ajang Moto2 dan Moto3, sedangkan seri MotoGP terpaksa dibatalkan.

Seri Jerez, LeMans, Mugello, dan Catalunya pun terpaksa ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Sebelumnya, bos Dorna, Carmelo Ezpeleta sempat menyatakan bahwa MotoGP 2020 terancam dibatalkan jika vaksin COVID-19 tak kunjung ditemukan.

Meski demikian, belum lama ini Ezpeleta menyatakan bahwa ada kemungkinan MotoGP 2020 tetap digelar. Rencananya, mengutip dari Visordown.com, Valentino Rossi, Marc Marquez, dan para rivalnya akan kembali mengaspal pada Juli 2020 mendatang.

1 dari 2 Halaman

"Kami telah mempertimbangkan beberapa skenario yang berbeda, dan yang paling memungkinkan ialah (MotoGP 2020) dimulai akhir Juli. Itu tergantung situasinya karena ada beberapa hal yang perlu diurus," terang Ezpeleta.

Ia menyebut bahwa pihaknya perlu memastikan setiap negara yang menjadi tuan rumah MotoGP 2020 bersedia menggelar ajang tersebut. Selain itu, para pembalap mau dan bisa bepergian antar negara.

"Ini adalah skenario terbaik untuk saat ini dan setiap hari saya berpikir cara agar itu terjadi. Mungkin akan ada 2 balapan berturut-turut di sirkuit yang sama dan kemudian pindah ke negara lain," jelasnya.

2 dari 2 Halaman

Ezpeleta pun menjabarkan kemungkinan diselenggarakannya MotoGP 2020 cukup besar. Pasalnya, pihak penyelenggara dan semua tim bisa bepergian lintas Eropa melalui jalur darat. Setidaknya, ada 6 negara yang akan disinggahi mulai akhir Juli hingga November.

"Kemungkinan terbesar ialah MotoGP 2020 akan digelar tanpa menonton, karena kami pikir itu tidak akan terjadi, kecuali ada vaksin. Akan sulit juga untuk mendatangkan penonton. Sekarang kami masih memastikan sirkuit yang bersedia menggelar balapan tanpa penonton," tambah Ezpeleta.

Dorna sebagai penyelenggara pun akan membatasi jumlah pit-crew yang boleh masuk, sekitar 1.300 orang untuk memudahkan pengawasan. Menariknya, Ezpeleta mengungkap bahwa sisa MotoGP 2020 ini nantinya juga disiarkan melalui televisi.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami