MotoGP 2020 Belum Dimulai, Duo Marquez Bikin Hand Sanitizer di Rumah Aja

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Alex Marquez mengisi waktu selama balapan MotoGP 2020 belum dimulai dengan membuat hand sanitizer.

Kamis, 23 April 2020 22:15
MotoGP 2020 Belum Dimulai, Duo Marquez Bikin Hand Sanitizer di Rumah Aja Marc Marquez dan Alex Marquez (Youtube/Box Repsol)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Akibat pandemi virus Corona (COVID-19), tak satupun seri MotoGP 2020 digelar. Sesuai jadwal terbaru, musim 2020 baru akan digelar bulan Juni 2020, jika tak ada halangan lagi.

Selama tak ada balapan, para pembalap MotoGP pun menghabiskan waktunya dengan melakukan berbagai aktivitas. Marquez bersaudara yakni Marc Marquez dan Alex Marquez misalnya. Kakak beradik itu mengisi waktu dengan membuat hand sanitizer sendiri.

Tentu saja tidak sembarangan. Dalam video yang diunggah Box Repsol di YouTube, Marc dan Alex dipandu oleh David Purificación dari Repsol Technology Lab.

1 dari 4 Halaman

Ilmuwan Repsol itu memberikan panduan step by step pembuatan hand sanitizer yang saat ini sangat langka. Keduanya dipandu membuat gel hidroalkohol yang efektif menggunakan bahan yang biasa ditemukan di rumah atau supermarket dan apotek.

David menyebutkan bahan-bahan yang akan mereka pakai. Yakni, alkohol untuk medis dengan konsentrasi 96%, hydrogen peroxide, air yang sudah direbus, glycerine, dan alat suntikan serta tabung untuk mencampur semua bahan. Jika tak menemukan glycerine, maka bisa digantikan dengan pure aloe vera.

2 dari 4 Halaman

Marc dan Alex mulai mencampurkan bahan-bahan dengan panduan David dan dijelaskan apa saja manfaatnya. Langkah pertama, memasukkan alkohol ke dalam sebuah wadah atau tabung.

"Itu akan membunuh mikroorganisme dan juga menghilangkan protein dari virus," jelas David kepada mereka.

Lalu, campur alkohol dengan hydrogen peroxide. "Seperti yang sudah saya katakan, hidrogen peroksida akan bekerja, itu akan menghilangkan spora dari bakteri," lanjut David.

3 dari 4 Halaman

Kemudian langkah selanjutnya menambahkan glycerine menggunakan alat suntikan. Langkah terakhir memasukkan air ke dalam bahan-bahan yang sudah dicampurkan. Lalu aduk-aduk semua bahan di dalam wadah tersebut.

"Ini (hand sanitizer) penting untuk orang-orang yang tidak bisa mencuci tangan menggunakan sabun dan air," kata Marc yang dibenarkan oleh David.

Lihat video tutorial membuat hand sanitizer ala Marc Marquez dan Alex Marquez yang diunggah Box Repsol berikut:

4 dari 4 Halaman

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami