Montir Lulusan SD Sulap Mesin Kawasaki Ninja RR Jadi Pesawat

Seorang montir bernama Chaerul berhasil terbang dengan menggunakan mesin Kawasaki Ninja RR dan barang bekas.

Sabtu, 18 Januari 2020 09:15
Montir Lulusan SD Sulap Mesin Kawasaki Ninja RR Jadi Pesawat Kawasaki Ninja RR (Kawasaki)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Pada Rabu lalu (15/1), seorang montir bernama Chaerul terlihat menerbangkan pesawat di atas Pantai Langga, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Menariknya, ia hanya seorang montir dan pesawat itu terbuat dari barang bekas.

Video uji coba pesawat rakitan tersebut sempat ramai diperbincangkan warganet di media sosial. Berikut informasi selengkapnya:

1 dari 3 Halaman

Pesawat rakitan miliki Chaerul ini merupakan pesawat model Ultralight. Dalam merakit pesawat tersebut, barang yang dimanfaatkan merupakan bahan-bahan bekas yang tak terpakai di bengkelnya. Ia menggunakan mesin motor Kawasaki Ninja RR 150 cc, dan barang-barang lain seperti kursi dan besi bekas yang ia rakit sedemikian rupa.

Dengan mesin tersebut, pada uji cobanya beberapa waktu lalu Chaerul sukses terbang dengan ketinggian kurang lebih 20 meter di atas permukaan laut dan melaju sejauh sekitar 300 meter dan melakukan dua kali manuver.

2 dari 3 Halaman

Dilansir dari laman Dream.co.id diketahui jika Chaerul tidak mempunyai latar belakang pendidikan mesin ataupun merakit pesawat. Chaerul bahkan diketahui tidak menamatkan pendidikan sekolah dasarnya. Tetapi, itu tak menjadi penghalang tekadnya untuk menciptakan pesawat hasil rakitannya.

Berawal dari keinginan merasakan terbang naik pesawat, Chaerul berusaha dengan telaten menciptakan pesawat rakitannya sendiri.

3 dari 3 Halaman

Sebelumnya pesawat rakitan Chaerul ini sudah menjalani proses uji coba sebanyak 4 kali dan gagal. Pantang menyerah, ia terus memperbaiki pesawat rakitannya tersebut hingga pada Rabu kemarin berhasil mengudara.

Untuk membuat pesawat rakitan ini, berdasarkan informasi Chaerul dan kedua karyawannya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan dan menghabiskan biaya sekitar Rp23 juta.

Sumber: Dream.co.id

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami