Modifikasi Turbo VW Golf GTI

Samuel Rusly menyematkan turbo untuk VW Golf GTI MK4 miliknya agar memiliki performa mesin mumpuni.

Selasa, 16 Juni 2015 08:15
Modifikasi turbo VW Golf GTI (foto: Hafid)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Sebagai seorang pecinta otomotif, Samuel Rusly menginginkan sebuah kendaraan yang memiliki performa mesin mumpuni. Untuk mencapai hal tersebut, modifikasi adalah jalan keluar meningkatkan kemampuan dapur pacu VW Golf GTI MK4 miliknya.

"Saya merasa mesin standar Golf GTI yang berada dikisaran 180 hp masih kurang untuk memacu adrenalin. Makanya jeroannya saya bongkar semua agar performanya meningkat," jelas interior desainer ini.

Mempercayakan pengerjaan mesin pada bengkel Wisesa Motorsport, pengaplikasian turbo menjadi perhatian utama Samuel. Pasalnya, komponen ini dapat memberi lonjakan tenaga mesin yang cukup tinggi.

"Awal beli ternyata mobil sudah pakai turbo standar K03. Lalu saya ganti jadi K04 BorgWarner yang punya turbin lebih besar. Seperti diketahui turbo K04 merupakan turbo bawaan standar Golf R," jelasnya.

Agar performa turbo bekerja dengan baik, kemudian Samuel melakukan pergantian intercooler dengan front mount yang lebih besar. Dimana terletak di balik bumper Oettinger yang berfungsi memberikan udara lebih dingin ke turbo.

"Sayangnya walaupun udara yang masuk lebih dingin, tapi karena ukuran intercooler terlalu besar, ada sedikit turbo lag," ungkapnya.

Setelah melakukan penyetingan ECU oleh RS-Tuning, hasil dyno test Golf tahun 2004 ini bagi Samuel cukup memuaskan. Semburan tenaga pada boost 1.2 bar mencapai 280 hp dan torsi 360 Nm.

Menaikkan kekuatan mesin tentunya bukan tanpa konsekuensi, salah satunya yaitu peningkatan konsumsi bahan bakar. Oleh karena itu, piggyback dastek Unichip Type Q+ dipasang menghasilkan konsumsi bahan bakar kisaran 12 km per liter dan 8 km per liter di kala macet.

Disamping mesin, Samuel turut memodifikasi kaki-kaki untuk mendapatkan handling yang mantap. Spring kit sport dipasang agar tampilan sporty bak mobil balap didapat. Sedangkan pada interior, jok Recaro Sport mempertegas konsep yang diinginkan Samuel. Hal ini dipadukan sunroof yang memberikan aura elegan.

Spesifikasi :

- BorgWarner K04 Turbo

- Large Size Front Mount Intercooler

- Clutch by SPEC

- Flywheel by SPEC

- AEM Cold Air Intake

- APR R1 Diverter Valve

- Turbo Smart Boost Controler

- Denso IK27 Iridium

- Samco silicone hose

- Dastek unichip q+

- Dastek turbo modul

- Dastek throttle control

- 2,5" Down pipe

- 2,5" Straight pipe

- 2,5" Muffler

- Oil catch tank

- Boost meter

- Turbo time

- OEM Recaro sport seats

- OEM Sunroof

- Climatronic

- HID Xenon

- Oettinger front bumper,

- Eibach sportline spring kit,

- Koni sport yellow shock.

- 17" BBS RXII 5x100 Wolfsburg,

- Achilles ATR 215/50/17.

Mobil Modifikasi Keren Lainnya

(kpl/fid/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami