Modifikasi Truk Transformer ala BJM Kuningan

Nuryatna Subrata menyulap truk miliknya jadi kental dengan nuansa Transformers yang inspiratif bagi para modifikator truk lainnya!

Selasa, 14 Maret 2017 09:30
Truk Nuryatna Subrata (foto: Nazar Ray)
Editor : Fajar Ardiansyah
Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Gelaran Expo & Bazaar Sejuta Colt Diesel, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang merupakan puncak perayaan penjualan satu juta Colt Diesel di Indonesia ikut diramaikan kontes modifikasi truk.

Antusiasme terhadap dunia modifikasi ternyata tak hanya terbatas pada mobil dan motor, namun juga truk. Terlihat dari banyaknya peserta yang berpartisipasi, dimana mereka datang dari berbagai daerah.

Salah satunya yakni Nuryatna Subrata, pemilik karoseri BJM asal Kuningan, Jawa Barat. Truk Colt Diesel miliknya diubah dengan konsep Transformer. Tak tanggung-tanggung, perubahan yang disematkan Nuryatna menghabiskan kocek yang tak sedikit dengan memodifikasi eksterior dan interior.

"Inspirasinya dari film Transformer. Dari awal memang sengaja dimodifikasi. Bukan untuk harian sih, cuma senang dimodifikasi saja," jelas Nuryatna yang memulai hobinya ini karena kepincut saat mendatangi kontes-kontes modifikasi otomotif.

Di sektor eksterior, berbagai material fiber dipasangkan untuk mendapatkan kesan ala robot di film transformer. Di bagian depan, perubahan tampilan secara total seperti pemberian bumper dan atap tambahan membuat truk yang diberi nama Scanter ini tampil garang.

Untuk semakin memberikan kesan ala Transformer, sistem pembuangan gas ikut diubah. Kemudian bodi truk dicat dengan warna hijau yang dipadukan sticker grafis.

"Kita ubah semua tampilannya. Bagian depan yang cukup sulit, soalnya lampunya ktia ganti dengan lampu mobil Kijang," jelas Nuryatna.

Beralih ke dalam kabin, sektor kenyamanan dan gala elegan mewah dipilih Nuryatna. Dashboard bawaaan pabrik Ia ubah dengan bahan fiber yang telah dikustom. Jok racing kulit Recaro pun tampak bertengger lengkap dengan sabuk pengaman Takata.

Yang paling menarik, Nuryatna turut menyematkan perangkat audio lengkap dengan konsep SQ (sound Quality) 3-way. Menggunakan speaker Venom, Head unit Sony, dua subwoofer Venom 10 inci dan lima TV digital Hollywood, tampilan kabinnya begitu megah.

"Kebetulan ada saudara yang ngasi tahu pakai perangkat audio ini saja. Yah idenya sih dari lihat-lihat internet," jelas Nuryatna.

Untuk mengubah seluruh tampilan Scanter tersebut, Nuryatna mengungkapkan membutuhkan waktu hingga 1 tahun dan budget sebesar Rp 200 jutaan.

"Belum kepikiran untuk dipakai untuk operasional. Sempat ada yang nawar saya tidak lepas. Kedepannya sih mau diubah lagi, soalnya mau diikutin kontes-kontes," ucap Nuryatna.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fid/fjr)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami