Modifikasi Beat dengan Beragam Konsep Populer 2019

Sejak diluncurkan pertama kali Honda Beat menjadi salah satu motor matik terpopuler di Indonesia. Sampai sekarang pun model terbaru Honda Beat masih saja menjadi primadona.

Selasa, 22 Januari 2019 17:30
Modifikasi Honda Beat (Bikepics.com)
Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Sejak diluncurkan pertama kali Honda Beat menjadi salah satu motor matik terpopuler di Indonesia. Sampai sekarang pun model terbaru Honda Beat masih saja menjadi primadona. Padahal dari pesaingnya sendiri yaitu Yamaha Mio tidak kalah keren dengan Honda Beat. Pasalnya banyak fitur canggih yang menopang Yamaha Mio.

Saat ini harga Beat sekitar Rp15 juta sampai Rp16 jutaan. Dengan harga Beat yang murah ini cukup wajar jika motor Beat laris di pasaran. Karena hal tersebutlah terkadang banyak pemilik Honda Beat melakukan modifikasi Beat dengan berbagai konsep.

Modifikasi Beat ini untuk mendapatkan tampilan motor yang beda dari lainnya, sehingga pemilik tak merasa bosan. Tidak hanya dari segi tampilan saja, tetapi juga dari sisi performa. Modifikasi Beat juga banyak yang menyasar mesin untuk peningkatan performa. Karena jika standar performa Beat tidak begitu istimewa. Perlu diketahui Honda Beat menggunakan mesin 110 cc.

Namun untuk urusan konsep modifikasi Beat yang akan diterapkan, sebetulnya harus tetap disesuaikan dengan dana Otolovers. Hal ini untuk mendapatkan konsep modifikasi Beat yang sesuai dengan kesukaan serta tidak sampai bikin dompet kosong. Tetapi apabila memiliki dana cukup banyak bisa saja melakukan modifikasi Beat yang cukup banyak bahkan cukup ekstrim.

Soal modifikasi pastikan juga selalu perhatikan keamanan dan kenyamanan saat dikendarai, terlebih lagi jika motor Beat tersebut merupakan kendaraan harian. Berikut ini ada beberapa konsep modifikasi Beat yang bisa Otolovers terapkan.

Modifikasi Beat Street

Untuk model terbaru Honda Beat memiliki beberapa varian, yaitu tipe Beat eSP, Beat Pop eSp, dan Beat Street eSP. Tipe yang terakhir ini cukup istimewa, pasalnya didesain macho yang jauh dari konsep motor matik. Konsep yang ada di Honda Beat Street adalah model motor offroad. Sehingga tampilannya pun terbilang unik namun tetap elegan dan modern.

Meski begitu terkadang tampilan dari Beat Street ini tidak memuaskan pemiliknya. Apabila modifikasi Beat Street dilakukan dengan konsep motor offroad akan semakin keren Otolovers. Sebenarnya banyak konsep modifikasi Beat Street yang bisa diterapkan, misalnya simple, elegan style, airbrush, velg 17, dan lowrider.

Dari beberapa konsep modifikasi Beat Street tersebut mana  yang menjadi idaman Otolovers? Sebelum modifikasi Beat Street tentukan dulu konsep yang akan diterapkan. Setelah itu siapkan dana yang cukup untuk melakukan modifikasi Beat Street.

Selain konsep-konsep modifikasi Beat Street tadi, diperkirakan konsep modifikasi yang akan populer di tahun 2019 ini adalah model sport dan klasik. Tentunya kedua konsep ini bisa juga Otolovers terapkan saat modifikasi Beat Street.

Modifikasi Beat Pop

Untuk varian Honda Beat yang memiliki desain imut adalah tipe Beat Pop. Ini motor sangat cocok untuk digunakan para wanita. Desain imut dan simpel namun tetap keren. Jika memang pangsa pasar adalah wanita, tentu motor Beat Pop sangat sesuai. Dan pastinya mesin yang digunakan motor ini masih 110 cc.

Agar tampil beda banyak juga pemilik Beat Pop yang melakukan modifikasi Beat Pop menjadi lebih keren meski modifikasi Beat pop yang dilakukan cukup simpel. Penerapan konsep sendiri bisa juga menggunakan konsep Airbrush.

Dengan konsep airbrush motor modifikasi Beat Pop akan semakin keren dan full color. Ini juga sangat cocok untuk para wanita yang selalu ceria.

Modifikasi Beat FI

Varian lainnya dari Honda Beat adalah Beat FI. Motor ini merupakan tipe terlaris dari keluarga Honda Beat. Dari desain sendiri motor Beat FI lebih elegan dibandingkan dua tipe lainnya. Pilihan warnanya pun juga cukup bagus dan pastinya memikat mata yang memandang.

Dengan tampilan seperti itu lama kelamaan pemilik pasti bosan. Otolovers bisa modifikasi Beat FI dengan beberapa konsep. Diprediksi juga bahwa di tahun 2019 ini konsep modifikasi motor yang masih populer adalah konsep sport dan klasik.

Apabila Otolovers menginginkan ubahan total pada bodi, bisa terapkan modifikasi Beat FI konsep ekstrim. Dengan konsep ini dijamin motor Beat Otolovers akan jauh berbeda dengan desain standar. Terkadang bagian kaki-kaki dari modifikasi Beat FI akan diubah semuanya dan bagian bodi akan menyesuaikan.

Pastikan juga apabila melakukan modifikasi Beat FI ini tetap kedepankan keamanan dan kenyamanan motor. Tentu berbeda cerita apabila modifikasi Beat FI digunakan untuk mengikuti kontes modifikasi.

Modifikasi Beat Standar

Saat ini Honda Beat tersedia dengan 3 varian, yaitu Beat FI, Beat Pop, dan Beat Street. Dengan model standar Otolovers pasti akan menjumpai motor Beat yang itu-itu saja. Berbeda jika Otolovers melakukan modifikasi Beat standar.

Apabila Otolovers belum punya motor Beat dan ingin membelinya lalu modifikasi Beat standar, segera rinci perkiraan dana yang dibutuhkan. Perlu diketahui juga harga Beat masih sekitar Rp15 juta sampai Rp16 jutaan dan berikut ini rincian harganya.

Tipe Honda Beat

Harga Honda Beat

BeAT Sporty CW

Rp15.550.000

BeAT Sporty CBS

Rp15.750.000

BeAT Sporty CBS ISS

Rp16.250.000

BeAT Pop CW

Rp15.100.000

BeAT Pop CBS

Rp15.300.000

BeAT Pop CBS - ISS

Rp15.800.000

BeAT Street

Rp16.225.000

Sedangkan untuk biaya modifikasi Beat standar juga beragam tergantung seberapa rumit modifikasi yang dilakukan. Semakin rumit modifikasi Beat standar yang dilakukan maka akan semakin mahal juga biaya yang dikeluarkan begitu juga sebaliknya.

Modifikasi Beat Airbrush

Modifikasi Beat Airbrush memang sangat populer dilakukan. Sebetulnya tidak hanya pada modifikasi Beat saja, tetapi hampir ke semua modifikasi sepeda motor. Dengan menggunakan konsep modifikasi Beat Airbrush ini pasti tampilan Honda Beat akan semakin menarik.

Akan tetapi untuk menerapkan konsep modifikasi Beat Airbrush memerlukan biaya yang cukup banyak. Untuk Airbrushnya sendiri biaya yang harus dikeluarkan lebih dari Rp2 juta. Besaran harga modifikasi Beat Airbrush tergantung tingkat kerumitan dari Airbrush itu sendiri dan pilihan warna yang digunakan.

Perlu diketahui juga bahwa Airbrush merupakan seni lukis yang kebanyakan dilakukan di bodi motor. Cukup wajar jika airbrush merupakan teknik melukis, ini tentu sangat rumit untuk mendapatkan tampilan yang sesuai dengan keinginan dan memang benar-benar bagus.

Namun jika Otolovers merasa kemahalan dengan modifikasi Beat Airbrush bisa menggunakan konsep lain, yaitu decal sticker. Konsep modifikasi Beat airbrush ini lebih murah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Modifikasi Beat Adventure

Motor genre adventure mulai banyak diluncurkan, baik yang jenis skutik atau motor sport. Sebagai motor adventure dengan berbagai fitur canggih yang melengkapi pastinya harga motor adventure sangatlah mahal.

Apabila Otolovers punya Beat dan ingin merubahnya modifikasi Beat adventure bisa saja. Namun akan melakukan ubahan yang cukup banyak terutama di bagian kaki-kaki. Karena pada bagian ini pasti disesuaikan biar posisi kaki lebih nyaman serta bisa melibas berbagai kondisi jalan.

Selain itu penambahan aksesori adventure juga sering dilakukan seperti box tambahan di belakang. Sebenarnya fungsinya di modifikasi Beat adventure bukan hanya untuk ruang penyimpanan saja, tetapi juga sandaran untuk yang dibonceng.

Modifikasi Beat Ala NMax

Model skutik gambot semakin populer. Di Indonesia sendiri bermula ketika Yamaha mengeluarkan skutik Yamaha NMax. Setelah itu banyak muncul skutik-skutik lainnya seperti Honda PCX.

Tak heran jika saat ini begitu banyak motor matik yang diubah menjadi skutik gambot. Begitu juga dengan Honda Beat yang banyak juga modifikasi Beat ala Nmax. Jika menjadikan modifikasi Beat ala NMax, tentu banyak hal yang diubah. Selain kaki-kaki tentunya bagian bodi juga diubah untuk modifikasi Beat ala NMax.

Kemudian juga ada beberapa tambahan aksesori ala NMax yang menjadikan modifikasi Beat ala Nmax menyerupai skutik gambot. Dari segi tarif modifikasi Beat ala Nmax tentu juga cukup mahal. Kalau Otolovers bagaimana, apa tertarik modifikasi Beat ala NMax?

Video Modifikasi Motor

Modifikasi motor memiliki banyak tujuan, tidak hanya untuk mempercantik tampilan atau meningkatkan performa saja, tetapi juga untuk kemudahan berkendara. Salah satu bengkel melakukan modifikasi untuk kemudahan berkendara kaum disabilitas.

Baca Ini Juga Dong Otolovers

 

(kpl/ahm)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami