Mobil Wajib Punya Garasi di Jakarta, Mirip Aturan Jepang

Wacana mengenai keharusan bahwa satu mobil di Jakarta harus punya satu garasi dalam waktu dekat akan terimplementasi.

Jum'at, 15 September 2017 18:45
Foto: Nazar Ray
Editor : Fitradian Dhimas
Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Wacana mengenai keharusan bahwa satu mobil di Jakarta harus punya satu garasi dalam waktu dekat akan terimplementasi selepas peraturan daerah mengenai hal ini ditetapkan.

Sebagai informasi, hal tersebut tertera pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi, pada Pasal 140, bahwa pemilik kendaraan bermotor wajib mempunyai garasi dan tidak boleh memarkir kendaraan di jalan.

Sanksi yang berlaku terkait aturan ini adalah terganjalnya penerbitan surat tanda nomor kendaraan atau STNK.

Surat tersebut tidak diterbitkan jika tidak ada keterangan dari lurah bahwa pemilik mobil dipastikan memiliki garasi.

Hal semacam ini sendiri sudah ditetapkan sejak lama di Jepang, seperti pernah kami ceritakan beberapa waktu lalu.

Salah satu syarat memiliki mobil di Jepang adalah keharusan adanya tempat parkir yang sudah disewa atau dimiliki konsumen. Pertanyaan ini bahkan akan diajukan oleh pihak dealer atau showroom sebelum mobil bisa dibeli.

"Di Jepang, kalau kita beli mobil, showroom akan tanya, sudah punya tempat parkir, belum. Kalau kita belum punya tempat parkir, dia enggak boleh jual. Enggak diperkenankan jual," kata Liana, seorang tour guide yang menemani Otosia saat di Jepang.

Harus ada bukti dari konsumen soal kesiapan tempat parkir dari mobil yang akan dibeli. Misalnya, konsumen akan diminta setidaknya menunjuk peta, di mana tempat tinggal mereka, dan di mana mobil yang akan dibeli itu nantinya diparkir.

"Mereka harus tunjukkan suratnya kalau sudah punya tempat parkir. Peraturan paling strict kan enggak boleh parkir sembarangan," katanya.

Biaya sewa tempat parkir untuk satu mobil per bulan tergantung pada lokasi. Ada yang 10.000 yen, ada yang 20.000 yen. Namun, biayanya bisa juga 30.000 yen-40.000 yen per bulan.

Banyak dan ketatnya syarat memiliki sebuah mobil di Jepang menjadi sekian alasan ataupun pendorong mengapa kebanyakan warganya lebih memilih transportasi umum.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/why/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami