Mobil Sport Kecil Toyota 86 GR Akhirnya Muncul Juga, Intip Spesifikasinya

Toyota 86 GR sudah diperkenalkan. Mobil sport kecil Toyota itu memiliki beberapa komponen yang berbeda dengan kembarannya, Subaru BRZ.

Senin, 05 April 2021 20:15
Mobil Sport Kecil Toyota 86 GR Akhirnya Muncul Juga, Intip Spesifikasinya Toyota 86 GR 2022 (Carscoops)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Akhir Maret 2021 lalu, Bos Toyota membuat pernyataan yang cukup kontroversial. Akio Toyoda mengatakan pihaknya rela menunda peluncuran Toyota 86 demi membuatnya tak memiliki image kloningan Subaru BRZ.

Seperti diketahui dua mobil sport kecil ini, 86 dan BRZ memang dikembangkan bersamaan melalui kerjasama yang sudah dilakukan sejak lama. Tapi rupanya pihak Toyota menginginkan agar 86 tetap memiliki karakter kuat Toyota.

Penundaan itu ternyata tak terjadi, lantaran Toyota baru saja meluncurkan 86 GR di Jepang. Lalu apakah benar-benar memiliki karakter berbeda dengan Subaru BRZ? Berikut rinciannya.

1 dari 4 Halaman

Eksterior

(c) Carscoops

Sport coupe ini memiliki gaya eksterior yang lebih berotot. Meskipun memiliki tampilan luar yang hampir sama dengan BRZ, ada detail penting yang membuatnya berbeda yakni gril Fungsional Matrix yang mirip dengan milik Yaris GR. Sementara itu lampu depan LED 86 juga sedikit berbeda dengan BRZ.

Fitur eksterior baru yang juga ada adalah komponen aerodinamis yang lebih diturunkan, air intake khusus dan spoiler samping yang bisa meningkatkan handling dan stabilitas mobil.

2 dari 4 Halaman

Interior

(c) Carscoops

Sementara itu interiornya terlihat perpaduan dari gaya modern dan old school. Toyota mengatakan memaksimalkan fokus pengemudi dengan menempatkan sistem infotainment sedemikian rupa sehingga mengurangi kebutuhan pengemudi untuk mengalihkan pandangan dari jalan.

Layar 7 inci memiliki tampilan yang lebih modern. Tapi masih ada beberap atombol fisik, dial dan saklar yang memberikan kesan old school.

3 dari 4 Halaman

Mesin dan Tenaga

(c) Carscoops

Toyota mengklaim bahwa telah berusaha keras membuat 86 GR memiliki handling yang lebih baik daripada model sebelumnya. Toyota menggunakan bahan ringan seperti aluminium untuk panel atap dan spatbor, sehingga mampu menjaga pusat gravitasi tetap rendah.

Sedangkan dapur pacunya menggunakan mesin 2.4L Naturally Aspirated 4-silinder yang sama dengan Subaru BRZ. Mesin itu menghasilkan tenaga sebesar 232 hp dan torsi puncak 250 Nm.

Mesin itu memungkinkan 86 GR melakukan akselerasi 0-100 kpj dalam 6,3 detik atau 1,1 detik lebih cepat dari model sebelumnya. Menurut Toyota, respons keseluruhan mesin sudah ditingkatkan untuk memberikan transisi yang lebih baik dari rpm rendah ke tinggi.

Tenaga yang dihasilkan itu dikirim ke roda belakang melalui transmisi otomatis 6-percepatan atau manual 6-percepatan.

4 dari 4 Halaman

Dijual Bareng Subaru BRZ

(c) Carscoops

Versi 86 GR transmisi otomatis akan dilengkapi dengan Teknologi EyeSight Driver Asstist Subaru. Sistem tersebut termasuk berbagai fitur keselamatan sebelum tabrakan untuk membantu menghindari kecelakaan, fitur untuk mengurangi dampak lanjutan dari tabrakan, dan dukungan penyelamatan darurat jika terjadi kecelakaan.

Seperti disinggung sebelumnya bahwa Toyota berniat menunda, tapi ternyata penjualan Toyota 86 GR akan mulai dilakukan saat musim gugur di Jepang. Jadwal tersebut bersamaan dengan jadwal penjualan Subaru di Jepang.

Selain di Jepang belum ada kabar kapan 86 GR akan dipasarkan. Diprediksi harga Toyota 86 GR akan berkisar sekitar USD 30.000 atau Rp 435 jutaan (Kurs USD 1 = Rp 14.510).

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami