Mobil Perang Asli Indonesia, Komodo Missile Launcher

Melalui PT Pindad, Indonesia membuat mobil perangnya sendiri, salah satunya ialah Komodo Missile Launcher.

Kamis, 01 Agustus 2019 15:45
Mobil Perang Asli Indonesia, Komodo Missile Launcher Komodo Missile Launcher (Pindad)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Para penggemar alutsista (alat utama sistem pertahanan) tentu sudah tak asing lagi dengan PT Pindad. Ya, mereka adalah BUMN yang bergerak di bidang produksi alat-alat pertahanan negara.

Tak hanya senjata, PT Pindad saat ini juga membuat beberapa kendaraan yang menarik, salah satunya adalah Komodo Missile Launcher. Seperti namanya, mobil ini dapat melontarkan misil.

Secara fisik, Komodo Missile Launcher tampil gagah dengan kaki-kaki besar dan ban off-road, serta bodinya yang mengotak. Uniknya, spion mobil ini tak berada di pilar A, tapi kap mesin.

 

1 dari 3 Halaman

Dimensi

Dimensi

Dimensi Komodo Missile Launcher terbilang besar. Mobil perang ini memiliki panjang 6,3 meter, lebar 2,3 meter, dan tinggi 2,4 meter.

Meski demikian, Komodo Missile Launcher hanya mampu memuat 4 orang. Pasalnya, pada bagian belakang kendaraan ini terdapat pelontar rudal.

Karena berstatus sebagai kendaraan khusus yang dilengkapi beragam fitur keamanan, bobot kosong Komodo Missile Launcher bisa mencapai 7,5 ton.

 

2 dari 3 Halaman

Mesin

Mesin

Komodo Missile Launcher mengandalkan mesin diesel 4-silinder inline turbocharger bertenaga 215 hp. Dapur pacu tersebut dikawinkan dengan transmisi manual.

Performanya sebenarnya tak terlalu impresif. Komodo Missile Launcher hanya mampu melaju dengan kecepatan maksimal 80 km/jam di jalan raya dan 30 km/jam saat melintasi medan off-road.

Namun, jarak tempuh Komodo Missile Launcher bisa mencapai 450 km. Hal itu tak terlepas dari kapasitas tangki bahan bakarnya yang bisa menampung 150 liter.

 

3 dari 3 Halaman

Teknologi

Teknologi

Di kabin Komodo Missile Launcher terpasang intercom set. Fitur ini adalah alat komunikasi personel yang berada di dalamnya.

Selain itu, Komodo Missile Launcher juga telah dibekali sistem penggerak 4X4 atau 4WD (4-wheel drive) agar lebih mumpuni saat harus melibas medan off-road.

Berdasarkan informasi dari PT Pindad, Komodo Missile Launcher saat ini digunakan oleh TNI AD untuk keperluan pertahanan udara.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami