Mobil Murah Dilarang 'Minum' BBM Subsidi

Dalam peraturan Dirjen nantinya, semua LCGC diwajibkan menggunakan spesifikasi mesin standar untuk konsumsi bensin ron 92 (non-subsidi). Ketetapan ini harus diikuti seluruh merek peserta LCGC.

Selasa, 18 Desember 2012 18:25
Ilustrasi
Editor : Anton

Otosia.com - Penambahan ataupun pengurangan pada pasal-pasal dari regulasi mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) masih terus dilakukan pemerintah. Salah satunya disampaikan melalui Kementerian Perindustrian, yang terus memperbarui regulasi turunannya.

Budi Darmadi, Direktur Jenderal Industri Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, kepada wartawan otomotif, Senin (17/12), di Jakarta Selatan, mengatakan bahwa dalam peraturan Dirjen nantinya, semua LCGC diwajibkan menggunakan spesifikasi mesin standar untuk konsumsi bensin ron 92 (non-subsidi).

Ketetapan ini harus diikuti seluruh merek peserta LCGC, tapi tidak mengikat pada konsumen di lapangan. "Kami kan tidak bisa memaksa konsumen mau pakai bensin apa, tapi yang jelas standar yang digunakan bensin ron 92 ke atas," tegas Budi.

Langkah ini dilakukan pemerintah untuk mendorong peralihan bahan bakar dari premium ke bahan bakar non subsidi oleh masyarakat. Selain itu, semua klaim termasuk konsumsi bahan bakar yang diuji di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dilakukan menggunakan bensin non-subsidi.

(kpl/bun)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami