Mobil-mobil Ini Memiliki Mesin Yamaha

Mungkin Otolovers tidak akan pernah menemui mobil dengan merek Yamaha, karena memang belum ada yang diproduksi. Tetapi, tidak banyak yang mengetahui bahwa Yamaha juga memproduksi mesin untuk mobil.

Rabu, 13 Januari 2016 15:15
Yamaha
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Bukan sekedar mesin, Yamaha secara spesifik memproduksi dan mendesain mesin dengan performa tinggi dengan bobot yang relatif ringan.

Adalah Toyota, yang tidak lain adalah pemilik saham cukup besar di Yamaha, meminta pabrikan kendaraan roda dua tersebut meracik beberapa mesin untuk produk-produk unggulan Toyota.

Toyota

Pada tahun 1967, Toyota 2000GT yang melegenda diluncurkan dengan menggendong mesin yang didesain oleh Yamaha. Legenda Toyota yang lain, Sprinter Trueno AE86, memiliki mesin 4A-GE yang tidak lain hasil pengembangan dari Yamaha juga.

Mengingat sejarah Yamaha yang mampu mengembangkan mesin untuk roda empat, membuat pabrikan asal Amerika Serikat, Ford, tertarik untuk menggunakan mesin V6 3.000cc racikan Yamaha ke dalam ruang mesin Ford Taurus SHO pada tahun 1989.

Mesin Yamaha kembali ke dalam Toyota pada saat Celica GTfour diperkenalkan mengusung mesin 3S-GTE. Kolaborasi ini berlanjut pada saat mesin 2ZZ-GE karya Yamaha mempersenjatai Toyota Celica GT-S dan Lotus Elise.

Kolaborasi antara Yamaha dan Toyota berlanjut ketika Lexus LF-A diperkenalkan, mesin V10 1LR-GUE hasil pengembangan Yamaha mendapatkan banyak penghargaan.

Sukses dengan Lexus LF-A, Yamaha kembali berkontribusi atas jantung penggerak yang terdapat pada Lexus IS-F, RC-F, serta GS-F bermesin V8 2UR-GSE.

Yamaha juga mendesain mesin V8 4.400cc untuk Volvo XC90 dan S80. Mesin yang sama digunakan Volvo dalam ajang balap V8 Supercars di Australia. Bahkan, merek mobil sport asal Inggris, Noble, memakai penggerak yang sama untuk produk mereka, M600.

Yamaha juga menciptakan mobil konsep bernama Yamaha OX99-11 yang digerakkan mesin Yamaha V12 pada 1992. Mesin tersebut menjadi dasar untuk memasuki balap Formula 1 sebagai pemasok mesin kepada tim Zakspeed, Brabham, Jordan, Tyrell, serta Arrows di medio 90an. 

Pada Tokyo Motor Show 2015 lalu, Yamaha kembali memperkenalkan mobil konsep terbarunya bernama Yamaha Sports Ride Concept. Akankah Yamaha memproduksi mobil sendiri?

(kpl/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami