Mobil Mitsubishi Ternyata Pernah Dibuat Pakai Palu dan Pahat

Pada masa awal-awal Mitsubishi bikin mobil ternyata pernah menggunakan palu dan pahat dalam produksinya.

Kamis, 28 Mei 2020 21:15
Mobil Mitsubishi Ternyata Pernah Dibuat Pakai Palu dan Pahat Mitsubishi Model A di Mitsubishi Auto Gallery Okazaki (Nazar Ray)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Salah satu brand roda empat Jepang yang punya sejarah panjang adalah Mitsubishi. Bukan hanya membuat mobil, pabrikan ini membuat mesin pesawat tempur di era perang dunia kedua hingga sekarang, dan skuter.

Saat bertandang ke Mitsubishi Auto Gallery di Okazaki, Prefektur Aichi, Jepang beberapa waktu lalu, otosia.com beruntung melihat deretan mobil dan skuter klasik yang menjadi sejarah panjang evolusi mobil yang dibuat sekarang. Salah satunya adalah deretan Pajero yang pernah dipakai di ajang Rally Dakar.

 

1 dari 4 Halaman

Berbicara mengenai mobil rally, tidak terbantahkan bahwa sebenarnya Mitsubishi sudah mewarisi DNA rally sejak dulu. DNA ini menurun ke produksi saat ini dan masa mendatang. Selain mobil rally, sudah tentu terpajang deretan Mitsubishi klasik yang pertama kali dibuat.

Di luar itu, barangkali tidak banyak orang yang tahu mengenai awal mula dan pengembangan mobil Mitsubishi. Mitsubishi Model A adalah mobil produksi awal Mitsubishi yang dirancang di Kobe Shipyard, Mitsubishi Shipbuilding Company -- sekarang adalah Mitsubishi Heavy Industries (MHI). Lalu pada tahun 1970 Mitsubishi Motors Corporation berpisah dari MHI.

2 dari 4 Halaman

Sebenarnya yang menjadi cikal bakal mobil penumpang modern Mitsubishi Motors, dengan prototipe sudah dimulai pada musim panas tahun 1917 dan selesai diproduksi pada November 1918.

Kendati pada masa itu sudah terdapat beberapa alat dan mesin khusus otomotif, Mitsubishi Model A pertama diproduksi secara manual dengan tangan menggunakan palu dan pahat. Bodi mobil yang terbuat dari kayu yang dipernis, dan interiornya menggunakan kain wol Inggris yang mewah.

Uniknya, saat itu belum ada gambar desain untuk bekerja. Namun dengan sedikit pengetahuan tentang mesin bensin, bodi mobil, interior, dan pengalaman lain dalam proses produksi, insinyur Mitsubishi mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut dan menunjukkan bahwa produksi massal mobil dalam negeri adalah hal yang mungkin.

3 dari 4 Halaman

Baru kemudian ada tahun 1921 Mitsubishi Model A menjadi mobil penumpang seri produksi pertama Jepang. Mobil ini tercatat sebagai sebuah mobil yang memiliki makna penting dalam industri otomotif Jepang.

November tahun lalu MMC mengumumkan bahwa Mitsubishi Model A telah dipilih oleh Japan Automotive Hall of Fame (JAHFA), sebuah lembaga non-profit, sebagai Mobil Bersejarah – yang menandai keunggulan pada sejarah industri otomotif Jepang.

Saat ini replika dari Mitsubishi Model A, yang dibuat ulang menggunakan arsip dan dokumen lampau, dipamerkan di Mitsubishi Auto Gallery di Okazaki City, Prefektur Aichi.

4 dari 4 Halaman

“Mitsubishi Model A tidak hanya penting bagi sejarah Mitsubishi Motors, namun juga industri otomotif Jepang. Mitsubishi Motors telah berkomitmen untuk memproduksi mobil dengan kualitas terbaik, memahami preferensi dan kebutuhan konsumen, sejak awal, ketika kami memproduksi masal kendaraan pertama," kata Ryoichi Inaba, Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Saat ini lini Mitsubishi Motors hadir dengan pilar utama SUV, PHEV dan teknologi terkoneksi yang mampu menjawab kebutuhan konsumen dan tatangan zaman.

(kpl/nzr)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami