Mobil Lulus Uji Tabrak Belum Tentu Aman!

Dalam hal penilaian standar keselamatan berkendara saat ini memang telah lebih tinggi. Namun dari hasil penelitian lembaga IIHS, mobil dengan fitur keselamatan terbaik masih tidak aman.

Jum'at, 05 Juli 2013 14:30
Hasil Uji Tabrak IIHS 2013
Editor : Alvin

Otosia.com - Dalam hal penilaian standar keselamatan berkendara saat ini memang telah lebih tinggi. Namun dari hasil penelitian lembaga IIHS (Insurance Institute for Highway Safety's Vehicle Research Center), mobil dengan fitur keselamatan terbaik masih tidak aman.

Ancaman paling berbahaya adalah untuk kendaraan sedan saat menabrak bagian belakang dari sebuah truk trailer. Walau mobil memiliki nilai 5 bintang dan lengkap dengan fitur keselamatan pendukung, nyawa pengemudi atau penumpang masih terancam.

Hasil Uji Tabrak IIHS 2013

Pihak IIHS pun memberi paparan tingkat bahaya dari test tabrak yang dilakukan ini datang dari besi pengaman yang ada pada belakang truk juga kurang efisien. Saat terjadi tabrakan cukup keras dari belakang truk, beberapa mobil sedan masih bisa menembus besi penghalang pada satu titik tertentu.

Besi pelindung pada belakang truk memiliki kekuatan penuh menahan tumbukan saat mobil menabrak tepat di bagian tengah. Tapi saat pada bagian paling ujung adalah titik terlemah. Sehingga pengendara mobil dengan tingkat keamanan tinggi sekalipun bisa tewas saat kecelakaan walau dengan kecepatan 56 km/h sekalipun.

Hasil Uji Tabrak IIHS 2013

Berikut video hasil uji tabrak yang memperlihatkan sebuah truk masih menjadi ancaman keselamatan bagi kendaraan jenis sedan saat di jalan raya:

(kpl/vin)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami