Mobil Listrik Pertama MINI Cooper Akhirnya Dirilis

MINI akhirnya merilis mobil listrik pertamanya MINI Cooper SE yang mampu menempuh jarak maksimal 270 km.

Kamis, 11 Juli 2019 14:15
Mobil Listrik Pertama MINI Cooper Akhirnya Dirilis Mobil listrik MINI Cooper SE (Paultan.org)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Setelah menyebar beberapa teaser di Youtube dan Twitter, MINI akhirnya merilis mobil listrik pertamanya, MINI Cooper SE. Tak seperti MINI E yang diproduksi secara terbatas, mobil ini siap beredar bebas di pasaran.

Secara fisik, MINI tetap mempertahankan ciri khasnya. City car asal Inggris ini memiliki 3 pintu, headlight bulat dengan LED DRL, spion yang melengkung halus, atap seperti mengambang, serta taillight dengan motif bendera Inggris.

Mengutip dari Paultan.org, motor listrik MINI Cooper SE mampu menghasilkan tenaga sebesar 181 hp dengan torsi 270 Nm. Hanya saja, dapur pacu yang diadopsi dari BMW i3s itu dikawinkan dengan sistem penggerak roda depan atau FWD (Front-wheel drive).

Dengan performa tersebut, MINI Cooper SE tak bisa dianggap remeh. Mobil listrik ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 7,3 detik dengan kecepatan maksimal 150 km/jam.

Untuk menyokong motor listriknya, MINI Cooper SE dibekali baterai lithium-ion yang terdiri dari 12 modul. Komponen ini memiliki kapasitas 32,6 kWh dan terletak di bawah lantai mobil serta jarak tempuhnya mencapai 235 - 270 km.

Pengisian baterai tersebut sampai penuh dengan socket biasa 22 kW membutuhkan waktu 3,5 jam. Sedangkan dengan fasilitas quick-charge hanya membutuhkan 35 menit untuk mengisi sampai 80%.

1 dari 1 Halaman

Interior Khas MINI

Interior Khas MINI

Dapur pacu MINI Cooper SE dilengkapi dengan 4 mode berkendara, yaitu Mid, Green, Gree+, dan Sport. Keempatnya mengatur akselerasi dan pengendalian mobil tersebut.

Interior mobil listrik ini tak jauh berbeda dengan MINI Cooper kebanyakan. Terpasang kemudi dengan berbagai tombol, instrumen panel TFT, dan head-unit bulat khas anak perusahaan BW Group itu di tengah dashboard.

Yang menarik adalah gril depan serta peleknya. Kedua komponen tersebut tampak modern dan kental dengan nuansa kendaraan ramah lingkungan, terlebih berkat warna flourescent green.

Hanya saja pihak MINI masih belum mengumumkan harga resmi dari MINI Cooper SE. Kemungkinan hal itu akan dilakukan tahun depan bersamaan dengan dimulainya penjualan mobil tersebut.

(kpl/crn)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami