Mobil listrik Hyundai IONIQ EV Resmi Dirilis, Segini Harganya

Hyundai Indonesia akhirnya resmi menjual mobil listrik Hyundai IONIQ EV.

Jum'at, 06 November 2020 14:45
Mobil listrik Hyundai IONIQ EV Resmi Dirilis, Segini Harganya Mobil listrik Hyundai IONIQ EV (Hyundai)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) akhirnya membuktikan komitmennya untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan kendaraan ramah lingkungan. Hari ini (6/11), mereka akhirnya resmi menjual Hyundai IONIQ EV secara bebas.

Sebenarnya ini bukanlah langkah pertama HMID untuk mendukung elektrifikasi di Indonesia. Sejak beberapa waktu lalu, mereka menggandeng penyedia jasa transportasi online dengan memasok Hyundai Ioniq EV. Bahkan, mobil listrik ini sudah digunakan tenaga kesehatan untuk mendukung mobilitas selama pandemi COVID-19.

1 dari 3 Halaman

Secara fisik, Hyundai IONIQ EV terlahir sebagai mobil hatchback 5-seater yang berkesan modern dan elegan. Sektor depannya dihuni LED DRL dan LED headlight, dan gril futuristis. Geser ke samping, tampak velg aluminium yang streamline, siluet body melengkung halus, dan emblem "BlueDrive". Sedangkan bagian belakang memiliki LED taillight dan lekuk sporty.

Masuk ke interior, terdapat head-unit touchscreen 8 inci dengan beragam fungsi, salah satunya sistem hiburan. Instrumen panelnya pun menampilkan informasi yang komplet, seperti kecepatan, jarak yang bisa ditempuh dengan baterai tersisa, hingga riding mode.

2 dari 3 Halaman

Uniknya lagi, Hyundai IONIQ EV tidak memiliki tuas transmisi. Fungsi komponen tersebut digantikan dengan sejumlah tombol di konsol tengahnya. Sistem ini disebut Hyundai sebagai Button-Type Shift-by-Wire.

Untuk urusan performa, Hyundai IONIQ EV mengandalkan motor listrik yang menghasilkan tenaga sebesar 120 ps dan torsi 295 Nm. Performa tersebut disalurkan ke tenaga depan melalui single-speed reduction gear ke sepasang 2 roda depannya.

3 dari 3 Halaman

Motor listrik tersebut ditopang oleh baterai Li-Ion Polymer 38,3 kWh yang terletak di bagian bawah mobil. Dengan kapasitas tersebut, Hyundai IONIQ EV hanya membutuhkan 9,9 detik untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam mode Sport. Selain itu, jarak tempuhnya diklaim bisa lebih dari 300 km.

Di Indondesia, Hyundai IONIQ EV hadir dalam 2 varian, yaitu Prime dan Signature. Harga Hyundai IONIQ Prime mencapai Rp624,8 juta, sedangkan Hyundai IONIQ Signature dibanderol Rp40 juta lebih mahal, tepatnya Rp664,8 juta (OTR Jakarta).

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami