Mobil Listrik dan Hybrid Wajib Buat Suara Mesin Palsu!

Lembaga keselamatan jalan raya di Amerika NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) mengeluarkan sebuah peraturan baru pada mobil listrik. Baik mobil listrik maupun hybrid harus membuat suara mesin palsu.

Rabu, 09 Januari 2013 15:20
Ilustrasi Mobili Listrik dengan suara mesin palsu
Editor : Alvin

Otosia.com - Lembaga keselamatan jalan raya di Amerika NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) mengeluarkan sebuah peraturan baru pada mobil listrik. Tidak hanya mobil tenaga listrik, tapi juga mencakup mobil hybrid harus membuat suara mesin palsu.

Sebab dua jenis kendaraan ini memang ramah lingkungan, namun juga bisa membahayakan pejalan kaki atau kendaraan lain. Hal ini disebabkan mobil listrik tidak memiliki suara knalpot layaknya mobil mesin bakar pada umumnya.

Begitu pula pada mobil berteknologi hybrid, pada saat mobil menggunakan full tenaga listrik mobil menjadi tak bersuara. Maka dari itu, pabrikan mobil dua jenis kendaraan ini diwajibkan untuk membuat suara mesin palsu agar pejalan kaki dan pengendara mobil lain bisa mengetahui ada kendaraan melaju.

Aturan ini memberlakukan agar mobil dapat mengeluarkan suara minimal dari kecepatan di bawah 30 km/h. Aturan ini diberlakukan karena dijumpai kecelakaan yang melibatkan sebanyak 2.800 orang terluka gara-gara tertabrak mobil hybrid maupun mobil listrik di Amerika.

"Proposal yang kami ajukan kepada para pabrikan mobil ini agar mampu memberikan pengembangan dalam desain mereka. Terutama dalam memberikan atau membuat suara pada varian kendaraan listrik maupun hybridnya. Agar pejalan kaki dan pengendara sepeda bisa mengetahui ada kendaraan yang hendak lewat," demikian pernyataan NHTSA Administrator David Strickland.

(kpl/vin)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami