Mobil LCGC Kompak Turun, Cuma Toyota Calya yang Naik

Penjualan Toyota Calya justru mengalami peningkatan saat rival-rivalnya kompak turun.

Kamis, 01 Agustus 2019 12:45
Mobil LCGC Kompak Turun, Cuma Toyota Calya yang Naik Toyota Calya (TAM)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Seperti beberapa segmen lainnya, penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) berdasar data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di kelas LCGC juga mengalami penurunan.

Bahkan, dari 8 penghuni segmen LCGC, hanya Toyota Calya yang mengalami peningkatan, dari 3.877 unit pada periode Mei 2019 menjadi 3.963 unit di Juni lalu. Dengan demikian, Toyota Calya menjadi LCGC terlaris di Indonesia periode Juni 2019.

Di bawahnya bertengger city car LCGC 5-seater, Honda Brio Satya dengan penjualan wholesales 2.652 unit. Capaian tersebut turun drastis dibanding periode sebelumnya, Mei 2019, yang bisa mencatatkan distribusi sebanyak 2.652 unit.

Rival Honda Brio Satya, Toyota Agya juga mengalami penurunan. Tercatat pada periode Juni 2019 penjualan wholesales mobil ini hanya sebanyak 1.491 unit. Padahal, periode sebelumnya bisa mencapai 2.455 unit.

1 dari 2 Halaman

Daihatsu Sigra Tergeser

Daihatsu Sigra Tergeser

Penguasa segmen LCGC selama ini, Daihatsu Sigra pun harus rela turun ke peringkat 4 setelah mengalami penurunan penjualan wholesales sebesar 76%. Pada periode Juni 2019 mobil ini hanya mencatatkan distribusi sebanyak 1.189 unit, anjlok dari 4.957 unit.

Penurunan drastis juga dirasakan oleh Daihatsu Ayla. Pada Juni 2019 lalu LCGC 5-seater ini terdistribusi sebanyak 936 unit. Angka tersebut turun sebesar 57,8% dibanding periode Mei yang bisa mencapai 2.222 unit.

Suzuki Wagon R juga semakin tenggelam dilahap rival-rivalnya. Tercatat pada Juni 2019 distribusi mobil ini hanya mencapai 234 unit, turun dari 407 unit di periode Mei.

Sepasang LCGC Datsun, GO Panca dan GO+ Panca juga belum mampu mematahkan dominasi rival-rivalnya. Pada Juni 2019, angka distribusi Datsun GO Panca hanya sebanyak 172 unit dan Datsun GO+ Panca 90 unit.

2 dari 2 Halaman

Datsun Cross

Datsun Cross

Meski pamor Datsun di segmen LCGC saat ini terbilang tengah redup Namun, anak perusahaan Nissan ini masih memiliki 1 senjata lagi yang beredar di segmen city car non-LCGC, Datsun Cross.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) angka penjualan Datsun Cross secara wholesales (dari pabrik ke dealer) pada semester pertama 2019 menunjukkan tren positif.

Sempat hanya terdistribusi sebanyak 60 unit di periode Januari, angka penjualan mobil ini sekarang melonjak dan mencapai 535 unit pada Juni kemarin. Jumlah tersebut sekaligus menjadi capaian tertinggi untuk sementara ini.

Naiknya pamor Datsun Cross ini tak terlepas dari desainnya yang kental dengan nuansa SUV compact dan memiliki ground clearance 200 mm. Selain itu, kabinnya juga canggih dengan beragam fitur.

(kpl/crn)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami