Mobil Formula 1 Ternyata Tak Punya Airbag, Apa Sebabnya?

Tak seperti mobil produksi massal, ada beberapa hal yang membuat mobil Formula 1 tidak dilengkapi dengan airbag.

Rabu, 08 Januari 2020 14:45
Mobil Formula 1 Ternyata Tak Punya Airbag, Apa Sebabnya? Formula 1 (thesouthafrican.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Fitur keselamatan berkendara saat ini menjadi salah satu faktor yang sedang menjadi perhatian berbagai pabrikan otomotif. Beragam teknologi pun dikembangkan untuk memperkecil potensi kematian ketika kendaraan mengalami kecelakaan.

Hanya saja, ada 1 teknologi yang ada di mobil produksi massal, namun tak terdapat pada Formula 1, yakni airbag. Mengutip dari dari akun Youtube WTF1, ini beberapa alasannya:

1 dari 4 Halaman

Ruang Gerak

Ruang Gerak

Kabin mobil Formula 1 didesain khusus untuk seorang pengendara, sesuai dengan ukuran tubuhnya. Proses keluar masuknya pun sulit sehingga kemudi dirancang untuk bisa dilepas.

Dengan hadirnya airbag, proses evakuasi pembalap saat terjadi kecelakaan akan menjadi lebih sulit. Pasalnya, ruang gerak yang tersisa telah tertutup oleh airbag.

2 dari 4 Halaman

Perlengkapan Berkendara

Perlengkapan Berkendara

Kehadiran airbag dianggap sebagai pengulangan dari safety gear yang digunakan oleh pembalap. Mereka telah diamankan oleh seat-belt 6 titik yang terikat kuat.

Selain itu, untuk mengurangi resiko akibat benturan di kepala, pembalap diwajibkan menggunakan helm. Pelindung itu pun harus lolos uji sesuai standar Formula 1.

3 dari 4 Halaman

Tempat Penyimpanan

Tempat Penyimpanan

Kemudi Formula 1 terbilang berbeda dengan mobil produksi massal. Dimensinya cenderung kecil dan dilengkapi banyak tombol yang masing-masing memiliki fungsi penting.

Hal ini tidak menyisakan ruang sedikit pun untuk peletakan airbag. Sensornya juga akan memakan tempat, baik di kabin maupun di balik bodinya.

4 dari 4 Halaman

Menambah Bobot

Menambah Bobot

Agar dapat melaju dengan kencang, mobil Formula 1 tak hanya mengandalkan mesin, tapi juga berbagai teknologi, salah satunya suspensi. Bobotnya pun diperhitungkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Karena itu, kehadiran airbag dan sensornya dianggap dapat menambah bobot mobil Formula 1. Pihak penyelenggara pun cukup ketat terkait hal ini.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami