Mobil F1 Kini Punya Lebar 2 Meter

Tim-tim F1 pada pekan ini secara bertahap akan memperlihatkan mobil-mobil mereka yang siap turun untuk musim 2017. Sadar atau tidak, mobil-mobil itu sebenarnya berubah drastis secara ukuran, juga sejumlah bagian, dibanding tahun lalu.

Rabu, 22 Februari 2017 12:15
Foto: motorsport
Editor : Ahmad Khoirudin
Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Tim-tim F1 pada pekan ini secara bertahap akan memperlihatkan mobil-mobil mereka yang siap turun untuk musim 2017. Sadar atau tidak, mobil-mobil itu sebenarnya berubah drastis secara ukuran, juga sejumlah bagian, dibanding tahun lalu.

Mobil-mobil ini bahkan disebut berubah menjadi "monster" oleh mantan pembalap Formula 1 yang kini menjadi komentator TV, Martin Brundle. Misalnya saja, mobil punya ekstra downforce dan level grip serta torsi dan tenaga lebih besar dari mesin hybrid-turbo di jet darat tersebut.

Bannya 25 persen lebih besar, dan semuanya menjadi 11 persen lebih lebar. Hasilnya, total lebar mobil tidak lagi 1.600 mm tetapi menjadi 2.000 mm alias 2 meter.

Pelebaran bentuk juga mencakup sidepod yang juga meningkat dari 1.400mm ke 1.600 mm. Sementara itu, sayap menjadi kian lebar dari 1.650 mm ke 1.800 mm.

Pelebaran itu sejalan dengan perubahan ukuran ban yang naik dari 245 mm ke 305 mm (depan), sementara belakang bertambah 80 mm menjadi 405 mm

Namun, tinggi keseluruhan mobil berkurang, turun dari 950 mm ke 800 mm sehingga mobil ini terkesan lebih ceper.

F1 sendiri akan mulai berlangsung pada akhir Maret mendatang dengan mengambil lokasi pertama di Melbourne, Australia.

News Balap Menarik Lainnya

(kpl/why/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami