Mobil Esemka Lolos 10 Tahapan Sertifikasi Uji Tipe

Masih ingat mobil Esemka? Yap, mobil nasional asal Indonesia itu kini dikabarkan telah melewati beberapa tahapan pengujian.

Senin, 15 Oktober 2018 17:45
Foday Landfort yang disebut sebagai cikal bakal Esemka Garuda 1 (Youtube)
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Masih ingat mobil Esemka? Yap, mobil nasional asal Indonesia itu kini dikabarkan telah melewati beberapa tahapan pengujian.

Maka, Esemka dikabarkan siap masuk jalur produksi. Hal ini lantaran salah satu syarat memproduksi mobil telah mendapatkan lampu hijau dari Kementerian Perhubungan dengan mengeluarkan sertifikat Uji Tipe (SUT).

Sebelum mendapatkan SUT, Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Kementerian Perhubungan telah melakukan berbagai pengujian. Menurut Kepala BPLJ-SKB Kemenhub, Caroline Noorida, ada delapan tipe mobil Esemka yang diuji dan tahapan pengujian dilakukan sama seperti kendaraan lainnya.

"Uji dimensi, uji konstruksi, uji rem, uji speedometer, turning radius, uji berat, uji klakson, uji side slip, uji lampu, uji emisi CO dan HC idle, dan pemenuhan persyaratan teknis," ujar Caroline kepada Liputan6.com, Senin (15/10/2018).

Adapun pemenuhan persyaratan teknis yang dimaksud seperti halnya pemeriksaan dan pengujian pada bagian sabuk, kaca, dan lain-lain.

"Untuk setiap pengujian satu tipe bisa dua hari lamanya," tuturnya. Dari pengujian ini, Esemka dinyatakan lolos sertifikasi.

BPLI-SKB sudah memberikan lulus uji tipe pada delapan mobil Esemka, antara lain:

- Bima 1.0 (4×2) MT

- Bima 1.3 (4×2) M/T

- Bima 1.3 L (4×2) MT

- Bima 1.8 D (4×2) M/T

- Niaga 1.0 (4×2) M/T

- Digdaya 2.0 (4×2) M/T

- Borneo 2.7D (4×2) M/T

- Garuda 2.0 (4×4) MT

Pengujian Esemka telah dilakukan secara bertahap sejak 2016 lalu. Pengujian selesai dilakukan Agustus 2018.

Sumber: Liputan6.com

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami