Mobil Bertenaga Nuklir Tak Sekadar Mimpi!

Setelah ada mobil listrik, hybrid hingga yang memanfaatkan tenaga hidrogen, ada satu sumber tenaga yang kurang populer namun sangat efisien di dunia otomotif. Penasaran?

Sabtu, 22 Maret 2014 18:15
Cadillac World Thorium Fuel Concept (source by: wonderfulengineering)
Editor : Sony

Otosia.com - Inovasi di dunia otomotif seiring berjalannya waktu semakin kaya disertai ide-ide super demi mewujudkan impian sebuah mobil 'sempurna' yang cepat, irit, aman serta ramah lingkungan. Berkat para pencipta mobil dunia yang super kreatif, saat ini sudah kita kenal beberapa jenis mobil yang ramah lingkungan seperti mobil listrik, hybrid hingga mobil yang bergerak dengan tenaga hidrogen.

Namun, ada satu pemikiran 'gila' sempat muncul beberapa waktu lalu oleh Loren Kulesus, seorang digital desainer asal Amerika, yang meluncurkan sebuah desain mobil bertenaga nuklir bernama Cadillac World Thorium Fuel.

Meski ada beberapa pihak yang mencemooh ide tersebut, berbeda dengan Dr. Charles Steven, Pendiri sekaligus CEO perusahaan Laser Power System (LPS). Dikutip dari industrytap, perusahaan yang bermarkas di Connecticut tersebut tengah mengembangkan teknologi yang memanfaatkan Thorium, senyawa radioaktif yang relatif lebih aman dibanding uranium.

Kabarnya, menggunakan mesin seberat 250 kg karya LPS dan 8 gram Thorium sudah cukup untuk mendorong laju mobil hingga 100 tahun dengan jarak tempuh mencapai 482 ribu km.

Bayangkan saja, dengan satu gram thorium saja sudah dapat menghemat hingga 28.ooo liter bensin. Sedangkan untuk satu mobil saja hanya perlu 8 gram, itu pun tak perlu mengisi ulang bahan bakar dalam waktu 100 tahun. Belum lagi mobil tersebut takkan mengeluarkan emisi karbondioksida yang mencemari lingkungan.

Menurut rumor yang beredar, pengerjaan mobil bertenaga thorium tersebut masih dalam proses pengerjaan dari tahun 2011 lalu hingga saat ini dikabarkan masih berjalan. Namun sayangnya belum ada kabar pasti seputar peluncuran resminya.

SIMAK BERITA MENARIK DUNIA OTOMOTIF LAINNYA

(kpl/sno)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami