Mitsubishi Disuruh Belajar dari Jimny, Kenapa Nih?

Tak semua kendaraan pabrikan Jepang mendapatkan respon positif di negara asalnya. Seperti Mitsubishi Pajero (Montero) yang kini sedang berjuang mendapatkan konsumen di Jepang, atau mungkin juga secara global.

Sabtu, 01 September 2018 18:15
Foto by Indianautosblog
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Tak semua kendaraan pabrikan Jepang mendapatkan respon positif di negara asalnya. Seperti Mitsubishi Pajero (Montero) yang kini sedang berjuang mendapatkan konsumen di Jepang, atau mungkin juga secara global.

Melansir Indianautosblog, penjualannya pun berkurang. Sementara, brand lain, Suzuki dengan produk teranyarnya Jimny 2018 mencetak penjualan yang luar biasa.

Bahkan, konsumen harus rela inden selama setahun. Media di Jepang pun mengatakan, Mitsubishi perlu belajar satu atau dua hal dari Jimny.

Suzuki sendiri baru meluncurkan Jimny 2018 pada awal Juli dengan target penjualan tahunan 16.200 unit (gabungan versi standar dan Sierra). Hingga saat ini, pemesanan Jimny telah melampaui target.

Di sisi lain, Mitsubishi Pajero bahkan tak bisa menginjak digit angka ke tiga. Bulan lalu, Pajero hanya mampu mencetak 43 unit yang terjual.

Sementara dalam upaya penjualan, Pajero menelan biaya lebih dari dua kali lipat dari Suzuki Jimny. Tak seperti model Suzuki, model ini masuk ke dalam level konsumen yang terbatas.

Selain itu, Pajero bukanlah satu-satunya model ranger di segmen ini. Masih ada Toyota Land Cruiser Prado, yang juga berebut konsumen dengan Pajero. Pajero generasi ke-4 akan menginjak usia ke 12 bulan depan.

"Seperti Jimny baru, cara untuk memulihkan popularitas adalah kembali ke ide model asli. Pajero pertama 3-pintu memiliki popularitas yang tinggi, karena sederhana dan fungsional, mirip dengan Jimny baru. Merunut dari awal, Pajero telah mengubah konsepnya menjadi ambigu pada setiap generasi. Pada awalnya, banyak orang menyatakan keinginan untuk merasakan sensasi menyenangkan dan kerennya dari 4WD, tetapi secara bertahap Pajero menunjukkan kelasnya yang semakin tinggi sehingga menyebabkannya menjadi tak seperti dulu. Apa yang dibutuhkan Pajero di masa depan juga untuk mendapatkan kembali kepraktian penggunaan bagi para profesional. Staff perencanaan produk Pajeroharus mempelajari dengan baik mengapa Jimny baru masih mendapatkan popularitasnya," begitu saran yang tertulis dalam BestCarWeb Jepang.

Tentu, Mitsubishi Montero yang jadul perlu dirubah secara penuh. Dengan bergabung bersama Aliansi Renault-Nissan,harapannya Mitsubishi bisa lebih kuat dari sebelumnya.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami