Mitsubishi Ternyata Pernah Buat Mobil Limusin Mewah

Pada tahun 1999, Mitsubishi pernah menghadirkan mobil limusin mewah bernama Mitsubishi Dignity.

Kamis, 28 November 2019 14:15
Mitsubishi Ternyata Pernah Buat Mobil Limusin Mewah Mitsubishi Dignity (japanclassic.ru)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Selama ini Mitsubishi lebih dikenal sebagai pabrikan yang fokus ke segmen SUV. Memang, mereka saat ini tak memiliki banyak produk di kelas MPV, sedan, dan hatchback.

Namun, di akhir 1990-an, pabrikan berlogo 3 berlian ini pernah membuat sebuah mobil sedan, atau lebih tepat disebut sebagai limousine mewah. Kehadirannya diciptakan untuk bersaing dengan Toyota Century dan Nissan President.

Mengutip dari situs resmi Mitsubishi Global, nama Mitsubishi Dignity bisa diartikan sebagai kemegahan yang tak tertandingi. Penamaan ini pun tak terlepas dari posisinya yang menjadi produk flagship.

1 dari 2 Halaman

Sistem Semi Autonomous

Sistem Semi Autonomous

Menariknya, Mitsubishi tak sendiri dalam merancang Mitsubishi Dignity. Mereka berkolaborasi dengan pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai. Artinya, mobil ini juga dijual di Negeri Ginseng dengan nama Hyundai Equus pada tahun 1999-2009.

Meski terlahir 20 tahun silam, Mitsubishi Dignity telah dilengkapi dengan fitur modern yang bahkan masih jarang di 2019, yakni sistem berkendara semi-autonomous. Teknologi ini pun memadukan adaptive cruise control dan lane departure assist.

Tak hanya itu, Mitsubishi Dignity pun memiliki rear quarter monitor untuk memantau area di belakang mobil. Wajar saja, limousine ini memiliki panjang 5.335 mm, lebar 1.870 mm, tinggi 1.485 dan jarak antar sumbu rodanya mencapai 3.080 mm.

2 dari 2 Halaman

Mesin Besar 8 Silinder

Mesin Besar 8 Silinder

Sebagai limousine mewah, Mitsubishi Dignity hanya dilengkapi 2 jok di bagian belakang dengan kenyamanan tinggi. Bangku ini memiliki pemijat, pemanas, pengaturan multimedia, legrest, dan meja lipat.

Dimensinya yang besar serta berbobot 2.370 kg, mobil ini memerlukan mesin yang fantastis. Karena itu, Mitsubishi dibekali dapur pacu V8 4.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 276 hp dan torsi maksimumnya mencapai 412 Nm.

Sayangnya, Mitsubishi Dignity disuntik mati pada 2001 lantaran masalah finansial. Tapi, mobil ini kembali dijual di Jepang pada 2012-2016 setelah Mitsubishi melakukan rebadge dari Nissan Cima.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami