Mitsubishi Baru Tersedia APAR, Bagaimana dengan Stok Lama?

Mitsubishi memastikan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) hanya diberikan pada mobil produksi 2021, tidak untuk stok lama yang masih dijual dealer.

Rabu, 20 Januari 2021 19:15
Mitsubishi Xpander produksi 2020 tidak dapat APAR (Otosia.com/Nazar Ray)
Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Mulai Januari tahun 2021 ini pemerintah mewajibkan produsen mobil untuk melengkapi mobil barunya dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Mitsubishi menyatakan patuh pada aturan pemerintah untuk turut menyediakan komponen APAR pada produk-produk barunya yang dijual di Indonesia.

Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memastikan mobil baru Mitsubishi produksi tahun 2021 akan dilengkapi APAR tanpa biaya tambahan.

Hanya saja penambahan komponen APAR tidak diberikan pada stok lama yang masih tersedia di dealer.

"Tidak (ada penambahan), karena sesuai dengan regulasi pemerintah, kewajiban kelengkapan APAR hanya untuk kendaraan yang diproduksi per Januari 2021," ungkap Irwan.

Begitu juga mobil-mobil baru yang sudah beredar di tangan konsumen. Mitsubishi tidak memberikan secara gratis. Jika ditambahkan APAR, maka komponen tersebut dijual terpisah, atau dijual bebas.

"Tidak ada penambahan, APAR dapat ditambahkan terpisah dan dijual bebas," tukasnya.

Aturan APAR sebelumnya telah terbit pada tahun 2020 lalu, namun kembali ditegaskan di awal tahun ini.

Kewajiban penyediaan APAR pada mobil-mobil keluaran terbaru tersebut tertuang dalam Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020.

Pasal Pasal 2 Ayat 2 dalam aturan itu menyebutkan, "Kendaraan bermotor untuk kategori M1, N1, N2, N3, O1, 02, 03, dan 04 untuk mobil penumpang, mobil barang landasan mobil penumpang, dan landasan mobil barang wajib dilengkapi fasilitas tanggap darurat berupa alat pemadam api ringan."

 

 

(kpl/nzr)
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami