Mitos Jembatan Kademangan Blitar-Tulungagung, Dihuni Siluman Banaspati

Jembatan Kademangan di Blitar dikenal cukup angker, ada makhluk gaib berupa api yang dipercaya menjadi penunggu tempat itu.

Kamis, 26 Maret 2020 22:15
Mitos Jembatan Kademangan Blitar-Tulungagung, Dihuni Siluman Banaspati Jalanan berhantu (Ilustrasi/Insider)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Nama jembatan kademangan sudah tak asing lagi bagi warga Blitar ataupun Tulungagung, Jawa Timur. Jembatan itu merupakan jalur utama penghubung Blitar dan Tulungagung di jalur selatan.

Di sisi lain muncul kepercayaan warga yang menganggap adanya penghuni gaib di jembatan yang melintang di atas aliran sungai Brantas terebut. Mereka menyebutnya Siluman Banaspati.

Kehadiran si Siluman Banaspati itu membuat tak sedikit warga yang lebih memilih jalur lain ketika melintas pada malam hari. Meski begitu masih ada transportasi antar kota yang melintas di jembatan Kademangan.

1 dari 1 Halaman

Namun, tampaknya warga yang menganggap jembatan itu adalah lokasi angker tak mau mengambil risiko. Rumor yang berkembang dan dipercayai adalah bahwa si Banaspati tersebut bisa mencelakai siapapun yang melintas.

Si Banaspati yang merupakan bola api itu bisa saja tiba-tiba muncul di tengah jembatan. Jika sudah muncul, dipercaya bahwa siluman itu akan berputar-putar seperti gasing.

Warga setempat juga percaya jika ada yang nekat menerobosnya, maka bisa celaka. Mereka bisa terbakar, atau minimal memiliki luka bakar. Beberapa kali insiden tersebut pun terjadi dan hal itu membuat warga kian mempercayainya.

(kpl/tys)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami