Mitos atau fakta? Motor Bisa 'Terjangkit' Masuk Angin

Beredar kabar juga bahwa selain manusia, motor juga bisa masuk angin. Apakah itu fakta atau hanya sekadar mitos?

Selasa, 04 April 2017 20:00
Ilustrasi tangki motor by Nazar Ray
Editor : Nurrohman Sidiq
Reporter : Nicko Novanto

Otosia.com -

Di musim hujan yang sulit diprediksi cuacanya ini, banyak orang yang mudah terserang penyakit dan tidak jarang terkena masuk angin. Beredar kabar juga bahwa selain manusia, motor juga bisa masuk angin. Apakah itu fakta atau hanya sekadar mitos?

Sebenarnya masuk angin hanyalah istilah dan biasanya hanya kambuh pada mobil lawas bermesin disel. Penyebabnya adalah daya serap bahan bakar dari tangki BBM ke pompa injektor/nozzle yang hillang, karena tangki BBM kosong sehingga menyebabkan saluran tangki menuju mesin dipenuhi oleh udara.

Motor keluaran terbaru sudah menggunakan fuel injection, jadi Anda tidak perlu khawatir. Berbeda dengan mesin diesel lawas, motor berinjeksi sudah menggunakan teknologi pompa elektrik (fuel pump). Sementara itu, mesin disel masih belum memilik teknologi tersebut, sehingga pemompaannya masih manual dan mudah rusak.

Fuel Injection juga mempunyai fitur return fuel (saluran balik) yang berada di dalam tanki BBM untuk menjaga tekanan agar tetap stabil.

Selain itu, prangkat tersebut juga akan membuang "udara", karena BBM terus bersirkulasi di dalam tangki.

Jadi, sebenarnya motor yang bisa terkena masuk angin bisa dibiliang mitos dan hanya kambuh pada mobil diesel lawas. Motor keluaran terbaru sudah menggunakan pola distribusi bahan bakar yang lebih canggih, sehingga kecil kemungkinan bagi motor untuk terjangkit masuk angin.

KABAR MENARIK BERIKUTNYA

(kpl/nic/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami