Mitos atau Fakta, Kapur Barus Bisa Tingkatkan Oktan Bensin

Untuk menyiasati meningkatnya harga BBM, salah satu mitos yang masih beredar adalah mencampur kamper dengan bensin.

Senin, 15 Oktober 2018 20:15
Kapur barus (Lifealth.com)
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Tak jarang orang yang mencari solusi alternatif akibat kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak). Caranya pun bermacam-macam, mulai dari metode berkendara, hingga meningkatkan oktan dengan mencampurkan kamper atau kapur barus.

Dilansir dari Drivetribe dalam Liputan6.com, kamper yang terbuat dari Naphthalene adalah hydrocarbons yang terbuat dari carbons dan hydrogen seperti bensin pada umumnya. Untuk membuktikan hal tersebut, kanal Project Farm mencoba untuk mencampur kamper dengan bensin dan menggunakannya di mesin potong rumput.

Pada kenyataannya, mencampur kedua hal tersebut hanya menghasilkan pembakaran yang tidak efisien, menyebabkan asap hitam, dan membuat mesin mati karena adanya kamper yang tidak terbakar.

Selain itu, menggunakan kamper berbahan dichlorobenzene berpotensi merusak mesin, dan juga berbahaya untuk pengendara dan orang di sekitarnya. Nah jika berniat untuk mencampur kamper dengan BBM sebaiknya batalkan saja. Jody dari JDM Motorsport pun turut membenarkan hal ini.

Ia menuturkan bahwa tenaga akan drop dan konsumsi bahan bakar justru menjadi semakin boros jika nekat mencampur kamper dengan bensin. Jadi, lebih baik menggunakan BBM sesuai saran dari pabrikan.

Sumber: Liputan6.com

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami