Misteri Lampu Hijau Yamaha 'YZF-R1S', Versi 'Harga Ringan' R1?

Banyak kalangan berpendapat jika akhiran 'S' pada nama R1S memiliki arti 'Street' sehingga ia akan dianggap sebagai sebuah mesin superbike yang memiliki 'harga ringan'.

Rabu, 19 Agustus 2015 16:15
Ilustrasi Yamaha YZF-R1M by motorionline.com
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Sebuah pengumuman membahana dari dapur produksi Yamaha yang rupanya telah mempersiapkan varian baru dengan nama YzF-R1S. Lalu apa bedanya antara dirinya dengan kode 'S' dibelakang dengan R1 tanpa 'S' atau R1M?

California Air Resources Board selaku badan perusahaan pemerintah yang mengurusi polusi udara, mengeluarkan indikasi telah memberikan lampu hijau untuk Yamaha YZF-R1S untuk pasar Amerika Serikat tahun produksi 2016 mendatang. Akan tetapi, kehadiran sosok motor super ini menui pertanyaan karena cenderung misterius.

Banyak kalangan berpendapat jika akhiran 'S' pada nama R1S memiliki arti 'Street' sehingga ia akan dianggap sebagai sebuah mesin superbike yang memiliki 'harga ringan'. Dengan demikian, menurut autoevolution beberapa waktu lalu, ada ramalan jika R1S menggendong performa dengan spesifikasi di bawah dua model teratas, yakni R1 dan R1M.

Ekspektasi tersebut berdasar pada generasi Yamaha YZF-R6S yang juga lebih 'ringan' ketimbang model YZF-R6 yang dilengkapi dengan telescopic fork dan upside down buatan lama.

Meski demikian, ada juga kalangan yang berseloroh jika mungkin saja R1S justru versi di atas R1M. Hak ini tentu saja bukan hal yang mustahil mengingat RIM sendiri sebenarnya masih bisa dibeli untuk lari di jalanan umum (street legal), dengan unit yang sangat terbatas dan orang yang beruntung pula.

Maka dari itu jelas terlihat masih ada ruang bagi Yamaha untuk menelurkan satu lagi model dengan konfigurasi performa yang lebih advance dari seri sebelumnya. Itu berarti bakal ada R1S dengan komposisi mesin lebih perkasa dengan bobot yang lebih ringan.

Hingga berita ini diturunkan, misteri tentang Yamaha YZF-R1S kini pun masih banyak menjadi perbincangan dan belum ditemukan kepastian.

KABAR MENARIK BERIKUTNYA

(kpl/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami