MINI Klasik Bertenaga Listrik Siap Diproduksi, Harganya Fantastis!

Perusahaan otomotif asal Inggris yang memiliki spesialiasi dalam hal High Performance Engine yaitu Swindon Powertrain, baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka sedang merancang MINI klasik yang akan hadir dalam versi mobil listrik.

Jum'at, 15 Februari 2019 10:45
Swind E Classic MINI (Carscoops)
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Muhammad Ikbal

Otosia.com - Perusahaan otomotif asal Inggris yang memiliki spesialiasi dalam hal High Performance Engine yaitu Swindon Powertrain, baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka sedang merancang MINI klasik yang akan hadir dalam versi mobil listrik.

Swindon mengatakan bahwa mobil ini bukanlah sebuah prototipe semata, melainkan memang diciptakan untuk dapat digunakkan sehari-hari. Dilansir dari Carscoops, mobil ini nantinya akan diberi nama Swind E Classic MINI dan akan dipajang pada London Classic Car Show mendatang.

E Classic MINI ini merupakan sebuah restorasi dari mobil MINI jaman dahulu yang selanjutnya mesin konvensional aslinya akan diganti dengan sebuah motor listrik bertenaga 108 hp dan baterai berkapasitas 24 kwh.

Swind E Classic MINI (Carscoops)

Dengan tenaga tersebut, mobil ini diklaim mampu melesat dari 0 ke 100 kpj hanya dalam waktu 9,2 detik dengan kecepatan maksimum mencapai 130 kpj. Mobil ini kabarnya juga dapat melaju sejauh 200 km dengan kondisi baterai terisi penuh. Sedangkan, untuk pengisisan daya baterai sendiri hanya membutuhkan waktu 4 jam.

Penggantian mesin pembakaran internal aslinya ke motor listrik dan baterai telah membuat mobil ini menjadi sedikit lebih berat dengan penambahan bobot hingga 80 kg. Namun, pihak Swindon Powertrain mengklaim bahwa mereka sudah memaksimalkan distribusi bobot yang ada dari sebelumnya 68/32 persen menjadi 57/43 persen.

Swind E Classic MINI (Carscoops)

Pihak Swindon Powertrain juga mengatakan bahwa E Classic MINI ini telah mengadopsi sistem pengereman regeneratif dan telah dilengkapi oleh perlindungan korosi kontemporer. Kabarnya mobil ini juga sudah mengalami berbagai peningkatan pada bagian pengereman dan suspensi.

Rencananya, mobil ini akan diproduksi sebanyak 100 unit dan telah ditawarkan di Inggris dengan harga 79 ribu Pounsterling atau setara dengan Rp 1,4 miliar (Kurs GBP 1 = Rp 18.040).

Sayangnya, dengan harga yang tidak murah tersebut, pembeli masih harus mengeluarkan biaya ekstra untuk mendapatkan sistem infotainment yang dilengkapi navigasi satelit, AC dan Power Steering. Namun, mobil ini telah dilengkapi oleh port USB, pemanas di bagian bawah, jok dan kaca depan serta belakang.

Menurut rencana, mobil listrik ini akan direstorasi dan dibangun di pabrik Swindon Powertrain di Kawasan Wiltshire. Swindon Powertrain juga menjanjikan bahwa mobil ini akan memiliki garansi selama satu tahun.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/ikb/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami