Michelin Uji Hemat Ban Radial Kendaraan Komersial

PT Michelin Indonesia melakukan uji coba konsumsi BBM (Fuel Consumption Test) di Rest Area KM 38, Kamis (31/10) di Sentul, Jawa Barat. Uji coba ini merupakan bagian dari penggunaan ban radial bagi kendaraan komersial (truk dan bus) di Indonesia.

Jum'at, 01 November 2013 08:45
Ban Michelin
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - PT Michelin Indonesia melakukan uji coba konsumsi BBM (Fuel Consumption Test) di Rest Area KM 38, Kamis (31/10) di Sentul, Jawa Barat. Uji coba ini merupakan bagian dari penggunaan ban radial bagi kendaraan komersial (truk dan bus) di Indonesia.

Selama 2 hari hingga tanggal 31 Oktober 2013 PT Michelin Indonesia melaksanakan kegiatan fuel consumption test, sebuah program rutin yang dilaksanakan Michelin Global di seluruh dunia. Pada kegiatan fuel consumption test ini Michelin menggunakan jalur Tol Sentul-Bogor sepanjang 60 kilometer dan melibatkan 2 truck sebagai penguji.

"Jika kita lihat secara keseluruhan, maka penggunaan ban radial lebih menguntungkan, khususnya untuk kendaraan komersial seperti truk dan bus. Karena itu Michelin akan terus mengkampanyekan penggunaan ban radial di Indonesia untuk mendukung kegiatan bisnis yang efisien dan kompetitif," ujar Jean-Charles Simon, Country Director PT Michelin Indonesia.

Ban Michelin

Kegiatan fuel consumption test yang dilaksanakan oleh Michelin tersebut terbagi menjadi tiga tahapan. Pada tahap pertama, dilakukan pengujian tingkat penghematan bahan bakar minyak (BBM) pada dua truk yang menggunakan ban sejenis. Selanjutnya di tahap kedua dilakukan perbandingan tingkat penghematan BBM pada truk 1 yang menggunakan ban radial Michelin Agilis HD dengan truk 2 yang memakai ban bias.

Pada tahap ketiga, untuk mendukung hasil pengujian tahap kedua maka ban kedua truk dipindahkan. Truk 1 yang semula menggunakan ban radial Michelin Agilis HD memakai ban bias. Sementara truk 2 menggunakan ban radial Michelin Agilis. Setelah itu akan diukur kembali tingkat penghematan bahan bakar dari kedua truk yang menggunakan dua jenis ban yang berbeda tersebut.

Selama periode pengujian tersebut, kedua truk dengan bobot yang sama melakukan 4 putaran, dimana setiap putaran berjarak 60 km. Sesuai standar pengujian Michelin, batas minimal untuk pengujian adalah 4-5 kali putaran.

Dari hasil ujicoba tersebut tim Michelin menyimpulkan bahwa Michelin Agilis HD dapat menghemat BBM hingga 7% dibandingkan ban biasa. Uji coba tersebut telah dilakukan oleh Michelin di negara lain, seperti di Thailand dan India.

Ban Michelin

Michelin Agilis Range dikembangkan dari hasil inovasi dan teknologi hemat energi. Rangkaian produk tersebut telah diuji coba di laboratorium dan uji coba di jalanan. Michelin Agilis Range memiliki komponen karet dan pola ban yang lebih lebar, hal ini dimaksudkan untuk memberikan performa cengkeraman dan pengereman.

Di Indonesia kebutuhan terhadap kendaraan komersial terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang selalu positif. Selama periode Januari-September 2013, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), total penjualan kendaraan komersial mencapai 273.112 unit. Jumlah tersebut setara dengan 30% dari total penjualan kendaraan bermotor di Indonesia selama periode tersebut sebanyak 908.279 unit.

Michelin Agilis Range menawarkan dua pilihan jenis ban, yaitu Michelin Agilis HD yang memiliki ukuran 7.50 R 16 dan R 16 8.25 dan Michelin Agilis LT dengan ukuran 7.00 R 16, 7.50 R 16 dan 8.25 R 16. Kedua ban ini telah tersedia di 34 dealer, 19 Provinsi dan lebih dari 269 perwakilan dealer.

(kpl/nzr/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami