MG ZS Facelift Dirilis di Indonesia, Ini Bedanya dengan Versi Inggris

MG ZS facelift baru saja meluncur di Indonesia. Namun di Inggris, mobil yang sama sudah mengaspal sejak tahun 2020. Begini perbedaannya.

Minggu, 12 September 2021 13:15
MG ZS Facelift Dirilis di Indonesia, Ini Bedanya dengan Versi Inggris MG ZS facelift (mg.co.uk)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - MG ZS facelift telah meluncur Kamis kemarin (9/9/2021). MG Motor Indonesia memberikan penyegeran yang cukup signifikan, mulai dari luar hingga dalam.

Sebenarnya penyegaran MG ZS sudah lebih dulu dirilis di negeri asalnya, Inggris. Menurut situs autocar.co.uk, MG ZS di negeri Ratu Elizabeth telah mendapatkan pembaruan sejak tahun 2020 silam.

Sepintas MG ZS di Inggris mirip dengan versi yang diperkenalkan di Tanah Air. Hanya saja terdapat sejumlah perbedaan yang menyesuaikan dengan pasar di negara tujuan.

 

1 dari 5 Halaman

Interior vs Eksterior

Interior MG ZS facelift di (kiri) Inggris dan (kanan) Indonesia (MG UK, MG Motor Indonesia)

MG ZS di Indonesia maupun di Inggris masih menggunakan bahasa desain serupa serta fitur-fitur yang sama. SUV itu mempunyai bentuk yang menawan berkat grille besar di depan, lampu depan dan belakang LED dengan tarikan garis agresif, serta pelek dengan motif tomahawk.

Tetapi ada perbedaan fitur di ZS versi Inggris. Di antaranya model Excite menggunakan pelek lima palang yang ditemukan pada ZS sebelum facelift dan panoramic sunroof hanya tersedia pada pilihan Exlcusive dengan transimisi manual 6 percepatan.

 

2 dari 5 Halaman

Secara mendasar, kabin MG ZS di Inggris dan Indonesia banyak kemiripan. Kedua versi memiliki panel-panel soft touch dan aksen-aksen silver di lokasi yang sama, tombol AC piano buttonhead unit 10.1 inci, serta speedometer digital 7 inci.

Perbedaan terlihat pada warna dan motif di panel dasbor. MG ZS di Indonesia menggunakan kombinasi warna cokelat dan hitam mulai dari dasbor, panel pintu, hingga kursi depan serta belakang.

Sementara ZS di Britania Raya menggunakan bahan kulit berwarna hitam dengan aksen jahitan berwarna merah di seluruh panelnya. Selain itu ada motif karbon fiber di dasbor mobil.

3 dari 5 Halaman

Engine dan Safety

Fitur panoramic sunroof yang ada pada trim MG ZS tertentu (MG Motor Indonesia)

Pada penyegaran terbaru ini, MG Motor Indonesia menambahkan berbagai perangkat keselamatan, diantaranya kamera 360 canggih, hill start assisthill descent control, rem parkir elektrik, auto hold dan TPMS.

Sementara  yang beredar di Inggris, MG UK menyematkan fitur blind spot monitoring untuk mempermudah berpindah jalur. Namun fitur hill descent control untuk membantu melintasi jalan turun yang ditemukan di ZS Indonesia, tidak tersedia di pasar Inggris.

4 dari 5 Halaman

Selebihnya peranti kesalamatan lain seperti  ABS, EBD, VSC, ESS, dan 6 airbags ada di ZS kedua negara.

Urusan dapur pacu, MG ZS versi Inggris dan Indonesia tidak sama. ZS yang dijual di tanah air sedikit lebih bertenaga. Di Indonesia, SUV tersebut mengusung mesin 1.500cc naturally aspirated dengan semburan tenaga sebesar 114 PS dan torsi 150 Nm. Tenaga mesin disalurkan ke roda melalui transmisi CVT 8 percepatan.

Sedangkan di Britania Raya, ZS tersedia dalam dua pilihan mesin. Pertama adalah mesin 1.500cc yang menghasilkan tenaga 106 PS dengan torsi 141 Nm, yang dikawinkan transmisi terbatas manual 5 percepatan.

Kedua adalah bermodalkan mesin 1.000cc turbo dengan muntahan tenaga 111 PS dan torsi maksimal 160 Nm, yang disalurkan ke roda melalui transmisi manual atau otomatis 6 percepatan.

5 dari 5 Halaman

Harga

Harga MG ZS di Inggris dipatok mulai dari £15.995 atau Rp 315 juta (dengan kurs £1 = Rp 19.695) untuk tipe Excite, sedangkan tipe Exclusive dibanderol £18.295 atau Rp 360 juta.

Untuk saat ini, MG ZS terbaru di Indonesia belum diberi harga. Jika mengacu pada model sebelumnya, ZS Ignite dijual Rp 295,8 juta.

(kpl/dit)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami