Metamorfosis Nissan Leaf, dari Mobil 'Medioker' Jadi Penantang Tesla

Dikutip lewat harian internasional, harian tersebut berani membandingkan Nissan Leaf hatchback dengan Tesla. Memang sudah sebanding?

Selasa, 09 Januari 2018 11:30
Nissan LEAF hatchback (foto: Autoevolution)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Jika ada yang berpendapat bahwa satu produk, sosok atau public figure punya prestasi yang bagus, bisa jadi akan diimbangi dengan jumlah pesaing dan persaingan yang meningkat. Mungkin terkesan ngasal, tapi apa yang terjadi di sisi Tesla mungkin bisa jadi merefleksikan yang demikian apa adanya.

Sebab, setelah Volvo dan Renault benar-benar serius hendak mengembangkan mobil listrik yang penuh dengan teknologi kali ini Nissan tak mau kalah. Dan jangan berasumsi bahwa Nissan akan kemudian akan membuat sebuah mobil super yang dahsat, karena itu sudah jatah dari Nissan GT-R yang spektakuler. Nissan akan menaruh Leaf pada meja judi yang sama dengan Tesla dan Volvo.

Tapi jangan dibayangkan Nissan Leaf kecil lucu imut yang satu dimensi dengan mobil Smart itu, Otolovers. Karena dari apa yang dikutip lewat Autoevolution, sang kepompong nampak sudah menyelesaikan semedinya dan berubah menjadi Nissan Leaf yang lebih gagah. Setidaknya tampilan gril dari mobil ini tak lagi terlihat murah. Sorry to say.

Nissan Leaf yang terbaru ini punya dimensi yang jauh lebih menjanjikan daripada Leaf lawas. Karena Nissan berdedikasi untuk memberikan pemadatan dimensi jadi lebih panjang layaknya mobil hatchback. Secara kasar, 11-12 lah dengan apa yang ditampilkan oleh Toyota pada Yaris keluaran tahun 2015 yang lalu itu.

Untuk urusan kapasitas mesin, kabarnya mesin Nissan Leaf diklaim bisa mencapai jarak maksimal 241 km sekali charge baterai. Sayangnya, dengan panggung yang sama dengan Tesla, Nissan lewat Autoevolution sepertinya alpa kalau Tesla itu mobil super dengan kecepatan super.

Bisa jadi mesin 160 kW milik Nissan mudah saja dilangkahi Tesla, karena akselerasi 100 km/jam masih harus mencapai 6,5 detik dibanding Tesla yang 2,8 detik saja. Seperti melihat Lionel Messi dihadapkan dengan Per Mertesacker.

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami