Merotasi Ban Mobil Wajib Tapi Tak Boleh Sembarangan, Ini Aturannya

Merotasi ban mobil tak bisa dilakukan sembarangan. Ada aturan yang perlu diketahui para pemilik mobil.

Sabtu, 22 Juni 2019 21:15
Merotasi Ban Mobil Wajib Tapi Tak Boleh Sembarangan, Ini Aturannya Aturan merotasi ban mobil wajib diketahui para pemilik mobil (Carfromjapan.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Merotasi ban mobil wajib dilakukan para pemilik mobil. Supaya, tingkat keausan menjadi rata antara ban depan kiri-kanan, dan belakang kiri-kanan. Tapi untuk merotasinya pemilik mobil tak boleh menukarnya begitu saja.

Apalagi cara merotasi ban biasa (yang menggunakan ban dalam) dengan ban tubeless itu berbeda. "Wajib diketahui jika dalam melakukan rotasi tidak boleh sembarangan. Ada aturannya tersendiri agar tidak terjadi kesalahan," uajr Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, Deni Adrian.

1 dari 1 Halaman

Aturan Rotasi Ban

imageAturan Rotasi Ban

Aturannya, jika merotasi ban biasa, pemilik bisa melakukannya dengan cara crossing atau menyilang. Sedangkan untuk ban tubeless dari depan ke belakang atau sebaliknya.

Deni menambahkan, aturan lainnya yakni waktu rotasi yang disarankan adalah setiap 10.000 kilometer atau ketika diservis berkala di bengkel resmi.

"Jadi bukan tidak ada aturannya, semua ada aturannya. Paling benar sesuai dengan yang telah direkomendasikan oleh pabrikan atau bengkel resmi," tambahnya.

 

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami