Mercedes Benz GL 400, SUV Premium Keluarga yang Komplet

Kehadiran Mercedes-Benz GL 400 seolah memberikan jawaban bagi keluarga yang menginginkan kendaraan SUV premium. Kendaraan tersebut tak hanya mampu menampung banyak anggota keluarga, tetapi juga memiliki penampilan yang bergaya.

Rabu, 09 Juli 2014 12:15
Mercedes Benz GL 400, SUV Premium Keluarga yang Komplet Mercedes Benz GL 400 (Foto: Hafid)

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Kehadiran Mercedes-Benz GL 400 seolah memberikan jawaban bagi keluarga yang menginginkan kendaraan SUV premium. Kendaraan tersebut tak hanya mampu menampung banyak anggota keluarga, tetapi juga memiliki penampilan yang bergaya.

Dibanderol dengan harga Rp 1,699 milyar, Mercedes-Benz GL 400 dilengkapi berbagai fitur keamanan yang mumpuni serta teknologi dan inovasi yang cukup lengkap, sehingga baik pengendara maupun penumpang dapat merasakan berkendara dengan nyaman dan aman.








1 dari 5 Halaman

Mesin dan performa

Mesin dan performa

Mengusung mesin Euro 4 berkapasitas 2.996 cc, GL 400 mampu menghasilkan daya sebesar 333 hp dan torsi 480 Nm dengan konsumsi bahan bakar bensin beroktan 92. 

Melihat bentuknya yang cukup besar, dapat diperkirakan bobot GL 400 terbilang cukup berat. Meski begitu GL 400 yang menggunakan sistem transmisi otomatis 7G-TRONIC PLUS mampu berakselerasi mulai dari 0 sampai 100 km per jam dalam waktu 6,7 detik. 

Dengan mengusung mesin berspesifikasi Euro 4, konsumsi bahan bakar serta emisi buang GL 400 cukup rendah. GL 400 mengkonsumsi bahan bakar sebanyak 9,2 sampai 9,6 liter setiap 100 km dan gas buang yang mencapai 215 sampai 225 gram per km.

Konsumsi bahan bakar yang cukup rendah tersebut bisa diperoleh berkat adanya sistem Direct-Steer elektro-mekanis, dimana energi sebagain besar difokuskan pada saat melakukan manuver.

2 dari 5 Halaman

Interior

Interior

Berkapasitas hingga 7 penumpang, GL 400 menawarkan kenyamanan dengan sentuhan interior bergaya elegan. Untuk meningkatkan kenyamanan, kabin pun dibuat cukup luas ditambah dengan pemasangan sunroof panorama yang ikut memberi efek luas. Kapasitas tampung bagasi GL 400 pun cukup besar, mengingat kendaraan ini mampu menampung banyak penumpang. 

Sentuhan elegan dapat terlihat pada pemakaian bahan kulit yang hampir menutupi seluruh interior. Pada beberapa bagian seperti dashboard dan konsol tengah, panel kayu digunakan untuk menambah kesan elegan sekaligus mewah.

Bentuk jok telah dilengkapi dengan pilihan individualisasi yang lebih ergonomis. Sehingga penumpang mampu mendapatkan kenyamanan yang maksimal saat berkendara dalam GL 400.

3 dari 5 Halaman

Multimedia dan audio

Multimedia dan audio

Sama halnya pada seri S, pada GL 400 disematkan teknologi COMAND Online yang menampilkan sebuah display berteknologi TFT dan sebuah layar 17,8 cm, radio, mesin CD/DVD, USB port di bagian tengah.

Tak hanya itu Mercedes-Benz juga menyisipkan memori sebesar 10 GB untuk file audio terkompresi dan sistem pengendalian suara LINGUATRONIC untuk audio, telefon, navigasi, pencarian musik.

Untuk keluaran suara, sistem surround sound Harman Kardon Logic 7 dan amplifier DSP 9-saluran serta booster 2 way disematkan, sehingga mampu menghasilkan suara yang baik melalui 14 speaker yang tersebar di beberapa titik. 

4 dari 5 Halaman

Eksterior

Eksterior


Velg alloy ringan jeruji-5 AMG 21 dan lampu LDE terintergrasi pada bumper depan yang merupakan paker AMG Exterior Sports, dihadirkan Mercedes Benz pada GL 400.

Grill garang dengan logo Mercedes-Benz yang ikonik bertengger di tengah, seolah menunjukkan jati dirinya sebagai kendaraan yang tangguh. Karakteristik garang tak hanya terlihat pada grill, kap bergaya sport dengan ventilasi sporty di bagian atas memberikan tampilan visual yang cukup memukau.

5 dari 5 Halaman

Inovasi dan fitur

Inovasi dan fitur

Salah satu kelebihan dari GL 400 adalah Crosswind Assist yang merupakan bagian dari Electronic Stability Program, dimana fitur ini mampu memberikan perlindungan saat menghadapi terpaan angin yang cukup kencang dari arah samping.

Kendati sebagai sebuah SUV untuk keluarga, GL 400 mampu menghadapi medan yang cukup berat atau offroad sekalipun. Hal ini berkat disematkannya fitur DownHill Speed Regulation (DSR) yang mampu mengatur kecepatan antara 2 sampai 18 km per jam saat menuruni medan berat, serta suspensi AIRMATIC Air bersama dengan Adaptive Damping System (ADS).

Dalam menghadapi medan yang berat, GL 400 dilengkapu dengan tombol offroad yang mampu mengatur modus transmisi offroad. Tombol tersebut mampu mengatur daya mesin, transmisi, ABS, ESP dan sistem traksi elektronik 4ETS secara otomotis dalam menghadapi medan yang cukup berat. 

Inovasi menarik terdapat pada GL 400, yaitu teknologi Active Parking Assist yang mampu mempermudah pengendara dalam menemukan tempat parkir. Sistem ini secara otomatis akan mengarahkan kemudi ke tempat parkir yang tersedia, sehingga pengendara tak perlu lagi repot saat akan memarkirkan kendaraannya.

(kpl/fid/sdi)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami