Merawat Mobil Pick Up, Sering-sering Cek Bagian ini

Sebagai kendaraan penunjang usaha dengan mobilitas tinggi, mobil pick up perlu mendapatkan perawatan khusus terutama pada komponen kaki-kaki kendaraan.

Senin, 16 Agustus 2021 08:15
Merawat Mobil Pick Up, Sering-sering Cek Bagian ini Mobil pick up membawa muatan melewati medan berat (Suzuki)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Sebagai kendaraan niaga ringan, mobilitas mobil pick up terbilang tinggi terutama untuk angkutan barang. Lantaran mesin bekerja ekstra keras, kendaraan pick up perlu mendapat perawatan khusus.

Sebagai armada andalan bisnis, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan tips tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat mobil niagara ringan, khususnya New Suzuki Carry Pick Up.

 

 

1 dari 4 Halaman

Salah satu pemeriksaan yang bisa dilakukan adalah mengecek kondisi kaki kaki yang meliputi balancing & spooring, tekanan angin, hingga pemeriksaan permukaan dan usia ban.

Sering membawa muatan berat, kaki-kaki menjadi bagian terpenting untuk rutin dirawat. Pasalnya bagian ini berfungsi menyetabilkan pengendalian kendaraan selama dijalankan. Selain itu kaki-kaki terdiri dari beberapa komponen yang saling terhubung satu sama lain.

"Dari beberapa komponen tersebut, ban atau roda adalah yang paling terlihat dan perawatannya bisa kita lakukan sendiri," kata Hariadi, Asst. To Service Dept. Head SIS.

2 dari 4 Halaman

Karena itu perhatikan tekanan angin pada ban. Jika ban kekurangan tekanan, maka dapat memicu permukaan ban menjadi rusak dan permukaan ban yang bergesekan dengan jalan akan bertambah lebar sehingga menambah beban mesin dan konsumsi BBM jadi boros.

Sebaliknya, jika kelebihan tekanan pada ban maka ban menjadi keras, mengurangi fungsi peredaman, dan akan mempengaruhi fungsi pengereman karena licin.

"Mengecek tekanan angin ban merupakan salah satu upaya untuk memperpanjang umur ban, menghemat bahan bakar, dan mengurangi risiko kecelakaan," imbunya.

3 dari 4 Halaman

Selanjutnya pastikan mengecek permukaan ban. Ganti ban jika permukaannya sudah botak. Mengecek usia ban juga penting dan disarankan tidak menggunakan ban yang sudah kadaluarsa atau ban yang berusia lebih dari 6 tahun.

Yang tak kalah penting adalah melakukan spooring dan balancing. Seperti diketahui, spooring dilakukan untuk meluruskan kembali dudukan empat roda mobil seperti saat baru keluar dari pabrik.

4 dari 4 Halaman

Sedangkan balancing dilakukan untuk menyesuaikan atau menjaga keseimbangan pada titik atas bawah atau kiri kanan roda. Sehingga keduanya sangat vital fungsinya dalam menjaga kenyamanan dan kestabilan kendaraan, terutama untuk kendaraan komersial yang sehari-hari membawa beban berat.

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami