Merasa Tak Bersalah saat Ditilang, Biker Rekam Polisi dan Kena 'Tampol'

Biker ini merasa tak salah karena spion di motornya masih ada meskipun hanya satu. Lantas kena pukul-lah dia. Pendapat kalian, Gengs?

Rabu, 01 Juni 2016 10:15
Video Jias Rastapanuli
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Sedang digalakkannya operasi-operasi dan razia yang dilakukan oleh petugas kepolisian, merupakan tanda bahwa setiap pengguna kendaraan bermotor wajib kemudian melengkapi kendaraannya dengan fasilitas yang lengkap.

Karena, kelengkapan fasilitas tersebut merupakan syarat dari laik tidaknya seorang pengendara mengendarai motor/mobilnya. Dan jika tidak lengkap maka penilangan jadi tindakan yang paling realistis.

Mungkin hal tersebut yang terjadi dalam video yang diunggah oleh Jias Rastapanuli pada 31 Mei 2016 menunjukkan bahwa tindakan penilangan bisa berakhir menjadi perdebatan bahkan kontak fisik apabila tidak ada satu sama lain yang bisa memberikan pengertian baik dari pihak penilang, maupun tertilang.

Jias Rastapanuli mengunggah video saat dirinya sedang ditindak oleh petugas polisi. Dirinya merasa bahwa tidak ada kesalahan. Helm ada, dan perlengkapan lainnya juga ada. Sayangnya dirinya tak mengetahui bahwa spion yang harus dipergunakan adalah spion standart berjumlah sepasang.

Pada PP No.44 thn 1993 pasal 72 (3) memang menyebutkan untuk sepeda motor kaca spion yg digunakan minimal satu buah. Namun dari sumber Hukum Online dengan peraturan yang telah diupdate, bahwa spion diharuskan berjumlah minimal dua buah.

Disebutkan PP no. 55 tahun 2012 pada pasal 37 tertuang bahwa kendaraan roda dua diwajibkan menggunakan dua buah spion.

Nampaknya, pemilik akun facebook ini tetap bersikeras meminta petugas polisinya untuk menunjukkan pasalnya. Pak polisi nampaknya sudah cukup bersabar dan kemudian menghantam kamera yang digunakan sebelum terdengar beberapa bentakan. Pendapat Otolovers sekalian, mungkin?

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami