Genjot Ekspor, Mobil-mobil Buatan Indonesia Kini Bisa Masuk Australia

Kementerian Perindustrian akan mendorong kendaraan Mitsubishi yang dibuat Indonesia masuk ke pasar Australia.

Jum'at, 12 Maret 2021 19:15
Genjot Ekspor, Mobil-mobil Buatan Indonesia Kini Bisa Masuk Australia Xpander diwacanakan menembus pasar Australia (Otosia.com/Nazar Ray)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Komitmen di bidang otomotif bermunculan usai kunjungan Kementerian Perindustrian Indonesia ke Jepang. Khusus dari Mitsubishi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendapatkan informasi mengenai izin tambahan negara tujuan ekspor.

Untuk saat ini sendiri, Indonesia sudah memperoleh izin ekspor ke 30 negara dari Mitsubishi Jepang. Selanjutnya, izin diberikan lagi sebanyak sembilan negara.

1 dari 3 Halaman

"Mitsubishi juga memberikan komitmen akan memberikan izin ekspor ke sembilan negara. Memang misi kedatangan Pemerintah Indonesia agar memberikan izin perluasan ekspor. Dari 30 negara akan menjadi 39 negara," kata Agus Gumiwang dalam jumpa pers virtual langsung dari Tokyo, Jepang, Rabu (10/03/2021).

Salah satu sasaran ekspor yang akan dibidik adalah Australia. Dalam kunjungan ini, keinginan ekspor ke Australia sudah disampaikan oleh Menperin dan tinggal menunggu kabar selanjutnya.

 

2 dari 3 Halaman

Salah satu penguat rencana tujuan ekspor Mitsubishi produksi Indonesia ke Australia adalah perjanjian dengan Australia, Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia atau Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

"Kami dari pemerintah dan KBRI sudah menekankan bahwa pasar di Australia ini sangat penting apalagi kita sudah mempunyai CEPA perjanjian dengan Australia. Sayang sekali jika kita tidak menggunakan fasilitas yang tersedia," kata dia.

 

3 dari 3 Halaman

Indonesia sendiri saat ini sudah mendapat peran untuk memproduksi mobil-mobil Mitsubishi, antara lain Pajero Sport dan Xpander. Dengan demikian, akan ada tambahan negara yang memperoleh Pajero dan Xpander Indonesia, yang diharapkan kelak sampai pula di Australia.

 

(kpl/nzr)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami