Menperin: Mobil Murah Bikin Macet? Coba Hitung

Menteri Perindustrian membantah jika mobil LCGC disebut sebagai biang kemacetan. Dalam paparannya, LCGC merupakan program nasional, dan dengan demikian tersebar tidak hanya di Jakarta.

Sabtu, 21 September 2013 09:45
Mobil Murah Daihatsu Ayla (Foto: Arsip)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dalam sejumlah kesempatan menjawab bahwa kehadiran mobil murah ramah lingkungan yang akan menyerap banyak konsumen akan berpengaruh terhadap program penanggulangan macet bagi DKI Jakarta.

Sementara masyarakat pengguna mobil pribadi digalakkan untuk menggunakan transportasi umum, mereka yang sebelumnya menggunakan sepeda motor digoda untuk membeli mobil ini.

Namun, Menteri Perindustrian membantah jika mobil LCGC disebut sebagai biang kemacetan. Dalam paparannya, LCGC merupakan program nasional, dan dengan demikian tersebar tidak hanya di Jakarta.

"Sekarang ini di Indonesia ada berapa kabupaten, ada berapa kota? Saya lupa, sekitar 500-an. Yang macet ada berapa? Di Jakarta kan ada lima kota, yang macet di mana saja? Jakarta misalnya 10. Surabaya itu lima. Semarang mungkin lima. Jogja lima. Yang macet paling 50, yang 450 sih enggak macet," ujar Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat.

Di lain sisi pula, mobil LCGC yang diproduksi di dalam negeri menyerap banyak tenaga kerja.

"Tapi ini kan program nasional. Ini juga kan menciptakan 30.000 lapangan kerja. Susah lho cari lapangan kerja sebanyak itu. Belum lagi ditambah sektor distribusi 30.000-40.000. Total 70.000 lho," tekannya lagi.

Karena program (LCGC) ini pula, menurutnya, tahun lalu sudah masuk 40 industri komponen baru.

"Tahun ini kira-kira masuk 40 juta. Jadi kira-kira 80. Totalnya mungkin 110 industri baru komponen. Ini karena sudah disyaratkan bahwa komponen LCGC harus dalam negeri. Terutama yang namanya power train. Power train itu, engine" tutupnya.

Artikel Mobil Murah Lainnya

Datsun, Terbitnya Surya di Pasar Negara Berkembang

7 Keunggulan Toyota Agya Si Mobil Murah

6 Bagian, Komparasi Mobil Murah Ayla dan Agya

Toyota Agya Mencuil 7 Juta Konsumen Sepeda Motor

 

(kpl/why/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami