Menolak Lupa, Indonesia Pernah Punya Yamaha Aerox 125

PT YIMM pernah meluncurkan Yamaha Aerox dengan kubikasi mesin yang lebih kecil. Ya, motor itu ialah Yamaha Aerox 125.

Rabu, 06 Juni 2018 17:15
Foto: Yamaha
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Salah satu produk PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang cukup digemari masyarakat ialah Yamaha Aerox 155. Tengok saja angka distribusinya beberapa bulan belakangan yang terus menghuni 10 besar motor terlaris di Indonesia.

Jauh sebelum itu, PT YIMM pernah meluncurkan Yamaha Aerox dengan kubikasi mesin yang lebih kecil. Ya, motor itu ialah Yamaha Aerox 125. Skutik tersebut memang masa produksinya terbilang singkat sehingga banyak yang melupakannya.

Yamaha Aerox 125 pertama kali dirilis pada Januari 2016. Skutik ini terpaksa disuntik mati pada akhir tahun yang sama lantaran penjualannya dianggap kurang memuaskan.

Penurunannya terbilang drastis. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) kala itu, pada awal peluncurannya, sebanyak 5.738 unit Yamaha Aerox 125 didistribusikan. Nahas, pada Desember 2016, angka distribusinya hanya sebesar 17 unit.

Padahal, desainnya tidak bisa dianggap remeh. Cover body Yamaha Aerox didominasi garis tajam yang memunculkan kesan agresif. Tampilan ini terbilang baru dan jauh berbeda dari skutik di kelasnya. Bagian setang memang mirip dengan Yamaha X-Ride karena tidak tertutup cover.

Dapur pacunya pun memiliki performa yang mumpuni. Yamaha Aerox 125 mengusung mesin 1-silinder SOHC 125cc berpendingin cairan. Konfigurasi tersebut memuntahkan daya sebesar 11,2 hp @9.000 rpm dan torsinya mencapai 10,4 Nm @6.500 rpm.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami