Menjajal Ketangguhan LCGC Datsun di Subang

Tim Otosia mendapatkan kesempatan untuk menjajal ketangguhan LCGC Datsun di kawasan Subang.

Selasa, 31 Januari 2017 20:45
Foto: Hafid
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Otosia sempat mendapatkan kesempatan untuk menguji kemampuan Datsun GO+ Panca dan GO Panca dalam acara bertajuk "Seseruan Sareng Datsun". Kegiatan yang diinisiasi oleh PT Nissan Motor Indonesia ini mengambil jalur Jakarta, Bandung dan Subang.

Memulai perjalanan dari diler Nissan-Datsun MT Haryono, kami diberikan kebebasan untuk mengujinya melewati jalan tol Cikampek menuju Bandung.

Kebetulan kendaraan pertama yang kami tunggangi adalah GO+ Panca edisi 2016. Kondisi jalan yang macet memaksa kami untuk bekerja keras berjibaku dengan transmisi manual Datsun GO+ Panca.

Beruntungnya, torsi yang cukup responsif sangat membantu kami menghadapi kondisi jalan. Memasuki jalur Cipularang, kami pun beraksi.

Kontur jalan yang naik turun dipadukan kelokan cukup tajam benar-benar menguji kemampuan mesin dan suspensi Datsun GO+ Panca.

Melanjutkan perjalanan dari Bandung menuju Subang, perjalanan menjadi sangat berat. Tak hanya jalan yang sempit, kondisinya pun kurang baik. Sekali lagi suspensi Datsun GO+ panca diuji. Berkat setingan yang baik, kami pun merasa nyaman, meski sesekali mobil sempat terasa melompat cukup tinggi karena bobot kendaraan yang begitu ringan.

Mesin HR12DE 1,2 liter yang disematkan mampu mendorong kendaraan cukup baik, jalur yang juga dipadati kendaraan berat dapat diatasi dengan baik tanpa perlu berusaha dengan keras menginjak pedal gas.

Di hari kedua, kami pun ditantang melakukan gymkhana challenge dan mini drag race challenge di Lanud Suryadarma, Subang.

Tunggangan yang kami gunakan kali ini adalah GO Panca yang bertubuh lebih kecil. Kami sempat merasa khawatir mengingat trek gymkhana challenge yang disuguhkan dipenuhi kelokan tajam.

Menginjak pedal dalam-dalam, dengan cepat kami sudah harus mengganti ke gigi dua. Napasnya yang begitu panjang membuat kami tak perlu mengganti gigi ke tingkat yang lebih tinggi.

Bahkan, kecepatan yang dicapai mampu mencapai 50 kilometer per jam meski putaran mesin terdengar begitu keras. Begitu pula dengan kestabilannya, mobil LCGC (low Cost Green Car) ini terasa cukup rigid, meski beberapa kali kami sempat melepaskan pedal gas karena buangan yang dirasakan cukup kuat.

Sesaat melewati kelokan, kekhawatiran kami mereda karena mobil dengan mudah bermanuver. Putaran kemudi yang ringan serta respon pergerakan ban sangat membantu, kami pun tak perlu bekerja keras untuk mengemudikannya.

Berbeda dengan mini drag race challenge, tantangan ini menguji seberapa tangguh mesin Datsun GO Panca sekaligus respon transmisinya. Sayangnya saat menghadapi tantangan ini kami sempat mengalami slip transmisi karena ketidaktepatan waktu melepas pedal kopling.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fid/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami