Mengupas Tuntas VW Mitra, Mobil Jadul Program KBNS yang Sasisnya Diproduksi Pindad

PT Pindad ternyata pernah terlibat dalam proyek pembuatan VW Mitra. Di masa itu, Pindad bertugas untuk memasok sasis mobil

Jum'at, 28 Agustus 2020 19:15
Mengupas Tuntas VW Mitra, Mobil Jadul Program KBNS yang Sasisnya Diproduksi Pindad VW Mitra (Facebook/Szilveszter Vancsics)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Saat ini, PT. Pindad identik dengan kendaraan tempur. Beberapa mobil pun sudah diproduksi, seperti Pindad Maung, Pindad Anoa, dan beberapa lainnya.

Di balik itu semua, siapa sangka di era 70-an Pindad pernah memroduksi mobil pikap. Kendaraan tersebut merupakan Volkswagen Mitra yang merupakan salah satu produk dari program Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana (KBNS).

Agar semakin mengenal VW Mitra, berikut ini ulasan lengkapnya yang dikutip dari berbagai sumber.

1 dari 4 Halaman

1. Produksi Pindad

VW Mitra hadir di Indonesia pada tahun 1974. Mobil ini sendiri merupakan hasil kolaborasi antara PT. Garuda Mataram Motor (GMM) dan PT Pindad.

PT GMM selaku pemegang merek VW di pasar Indonesia di masa itu mendapatkan bagian untuk memasok mesin, drivetrain, dan bodi. Sedangkan Pindad bertugas menyuplai sasis.

2 dari 4 Halaman

2. VW EA489

Ternyata VW Mitra dikembangkan dari basis VW EA489 trasnporter yang merupakan rancangan dasar kendaraan komersial.

Dalam penggunaannya, VW Mitra cukup fleksibel. Pasalnya bisa digunakan untuk beberapa model mobil, seperti minibus hingga pikap.

3 dari 4 Halaman

3. Mesin VW Mitra

Mobil dengan desain pesek ini memakai mesin VW Boxer 4 silinder berkapasitas 1600cc dengan konfigurasi OHV Pushrod. Dari dapur pacu itu, VW Mitra mendapatkan pasokan tenaga sebesar 45 Hp dan torsi maksimal 98 Nm.

4 dari 4 Halaman

4. Jumlah Produksi

Umur VW Mitra hanya 4 tahun di pasar Indonesia. Hal ini dikarenakan pada 1979, PT GMM dinyatakan pailit dan mengakibatkan produksi mobil tersebut terhenti.

Selama waktu 4 tahun, mobil yang mirip dengan VW Kombi itu hanya mampu diproduksi kurang dari 900 unit saja.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami